ctrlnum 2001
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.stainkudus.ac.id/2001/</relation><title>PENGARUH GAYA BELAJAR ACCOMODATOR TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NU MA&#x2019;RIFATUL ULUM MIJEN KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017</title><creator>NAILIRROHMAH, NAILIRROHMAH</creator><subject>Pendidikan Islam</subject><description>Gaya belajar adalah cara-cara yang lebih kita sukai dalam melakukan kegiatan berpikir, memproses dan mengerti suatu informasi. Gaya belajar akomodator merupakan kombinasi dari kuadran perasaan atau pengalaman konkret (concrete experience) dan kuadran tindakan (active experimentation). Sedangkan kemampuan psikomotorik adalah kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas atau kegiatan yang terjadi karena diadakannya latihan atau praktek secara berulang-ulang.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya belajar accomodator terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Ma&#x2019;rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus tahun 2016/2017. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif jenis field research, yaitu dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner (angket), dokumentasi dan wawancara pra penelitian dengan mengambil lokasi di MTs NU Ma&#x2019;rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistika.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar accomodator yang dimiliki oleh siswa di MTs NU Ma&#x2019;rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017 menunjukkan nilai mean 83,03 apabila diterapkan dalam interval nilai, terdapat antara interval (82-100) dengan kategori sangat baik. Kemudian Kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Ma&#x2019;rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017 menunjukkan nilai mean 85,3. Apabila dalam interval nilai terdapat antara interval (82-100) dengan kategori sangat baik. Sedangkan pengaruh gaya belajar accomodator terhadap kemampuan psikomotorik pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Ma&#x2019;rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017 memiliki nilai sebesar (R2) 48,5809% sedangkan sisanya 100% - 48,5809% = 51,4191% adalah pengaruh dari variabel lain yang belum diteliti oleh peneliti. Sehingga hipotesa yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar accomodator (variabel X) dengan kemampuan psikomotorik (variabel Y) siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyyah Ma&#x2019;rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2016/2017 dapat diterima karena memiliki koefisien korelasi (rhitung) sebesar 0,697. Nilai koefisien korelasi tersebut jika dibandingkan dengan rtabel pada taraf signifikansi 5% (0,254) dan taraf signifikansi 1% (0,33) memiliki nilai yang lebih besar dan termasuk dalam kategori (0,60-0,80) yang artinya memiliki korelasi yang tinggi</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2001/1/1.%20BAGIAN%20DEPAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2001/2/2.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2001/3/3.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2001/4/4.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2001/5/5.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2001/6/6.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2001/7/7.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2001/8/8.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2001/9/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> NAILIRROHMAH, NAILIRROHMAH (2017) PENGARUH GAYA BELAJAR ACCOMODATOR TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NU MA&#x2019;RIFATUL ULUM MIJEN KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus. </identifier><recordID>2001</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NAILIRROHMAH, NAILIRROHMAH
title PENGARUH GAYA BELAJAR ACCOMODATOR TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NU MA’RIFATUL ULUM MIJEN KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017
publishDate 2017
topic Pendidikan Islam
url http://eprints.stainkudus.ac.id/2001/1/1.%20BAGIAN%20DEPAN.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2001/2/2.%20ABSTRAK.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2001/3/3.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2001/4/4.%20BAB%20I.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2001/5/5.%20BAB%20II.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2001/6/6.%20BAB%20III.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2001/7/7.%20BAB%20IV.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2001/8/8.%20BAB%20V.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2001/9/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2001/
contents Gaya belajar adalah cara-cara yang lebih kita sukai dalam melakukan kegiatan berpikir, memproses dan mengerti suatu informasi. Gaya belajar akomodator merupakan kombinasi dari kuadran perasaan atau pengalaman konkret (concrete experience) dan kuadran tindakan (active experimentation). Sedangkan kemampuan psikomotorik adalah kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitas atau kegiatan yang terjadi karena diadakannya latihan atau praktek secara berulang-ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya belajar accomodator terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Ma’rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus tahun 2016/2017. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif jenis field research, yaitu dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner (angket), dokumentasi dan wawancara pra penelitian dengan mengambil lokasi di MTs NU Ma’rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar accomodator yang dimiliki oleh siswa di MTs NU Ma’rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017 menunjukkan nilai mean 83,03 apabila diterapkan dalam interval nilai, terdapat antara interval (82-100) dengan kategori sangat baik. Kemudian Kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Ma’rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017 menunjukkan nilai mean 85,3. Apabila dalam interval nilai terdapat antara interval (82-100) dengan kategori sangat baik. Sedangkan pengaruh gaya belajar accomodator terhadap kemampuan psikomotorik pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Ma’rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017 memiliki nilai sebesar (R2) 48,5809% sedangkan sisanya 100% - 48,5809% = 51,4191% adalah pengaruh dari variabel lain yang belum diteliti oleh peneliti. Sehingga hipotesa yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar accomodator (variabel X) dengan kemampuan psikomotorik (variabel Y) siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyyah Ma’rifatul Ulum Mijen Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2016/2017 dapat diterima karena memiliki koefisien korelasi (rhitung) sebesar 0,697. Nilai koefisien korelasi tersebut jika dibandingkan dengan rtabel pada taraf signifikansi 5% (0,254) dan taraf signifikansi 1% (0,33) memiliki nilai yang lebih besar dan termasuk dalam kategori (0,60-0,80) yang artinya memiliki korelasi yang tinggi
id IOS4368.2001
institution Institut Agama Islam Negeri Kudus
affiliation onesearch.apptis.or.id
institution_id 156
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Kudus
library_id 355
collection Repository STAIN Kudus
repository_id 4368
subject_area Islam/Agama Islam
Islam dan Ilmu Sosial
Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi
city KUDUS
province JAWA TENGAH
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4368
first_indexed 2018-02-01T03:13:46Z
last_indexed 2018-02-01T03:13:46Z
recordtype dc
_version_ 1686121749088829440
score 17.538404