ctrlnum 2000
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.stainkudus.ac.id/2000/</relation><title>PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIZH AL QUR&#x2019;AN DI MTS NU AL HIDAYAH DESA GETASSRABI KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017</title><creator>Mufidah, Erna</creator><subject>Pendidikan Islam</subject><description>Penelitian yang dilakukan peneliti tentang pelaksanaan program tahfizh al-Qur&#x2019;an di MTs NU Al Hidayah Desa Getassrabi Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program tahfizh al-Qur&#x2019;an yang ada di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus yang meliputi pelaksanaan kegiatan setiap hari, metode tahfizh al-Qur&#x2019;an yang digunakan, target yang dicapai, sistem evaluasi, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait praktik pelaksanaan tahfizh al-Qur&#x2019;an yang ada di MTs NU Al Hidayah, sehingga dapat dijadikan referensi bagi sekolah atau madrasah yang ingin menerapkan program tahfizh al-Qur&#x2019;an dan juga dapat menjadi motivasi bagi para generasi muda supaya tertarik menghafal al-Qur&#x2019;an.&#xD; Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang peneliti gunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, Wali kelas VIII (G), guru pengampu tahfizh al-Qur&#x2019;an dan peserta didik kelas khusus putri kelas VIII (G) di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti melakukan uji keabsahan data dengan cara perpanjangan pengamatan, uji peningkatan ketekunan, menggunakan referensi, dan triangulasi. Selanjutnya untuk analisis data yaitu reduksi data, display data dan verifikasi atau kesimpulan. Mengenai penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program tahfizh al-Qur&#x2019;an di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus dalam satu kelas khusus tahfizh al-Qur&#x2019;an kelas VIII (G) terdapat 32 peserta didik putri yang di bagi menjadi tiga kelompok berdasarkan tingkat kemampuan peserta didik yang diampu oleh satu guru hafizh atau hafizhah. Pelaksanaan program tahfizh al-Qur&#x2019;an dimulai dari pukul 07.00-11.00 pada waktu jam aktif sekolah dengan kegiatan setoran hafalan baru dan hafalan lama (muroja&#x2019;ah), membaca binnadzar serta sema&#x2019;an ayatan. Peserta didik di target hafalan 15 juz selama 3 tahun jadi kelas VII juz 1-5, kelas VIII juz 6-10, dan kelas IX juz 11-15. Adapun metode menghafal al-Qur&#x2019;an yang paling ditekankan di MTs NU Al Hidayah adalah metode wahdah, talaqqi, dan muroja&#x2019;ah. Selain itu strategi yang digunakan tahfizh al-Qur&#x2019;an yaitu pengulangan ganda, dan talaqqi kepada guru tahfizh. Evaluasi yang digunakan terdiri dari evaluasi harian dan evaluasi setiap semester, yang mana dalam evaluasi tersebut terdapat buku prestasinya. Adapun faktor pendukungnya meliputi inteligensi yang baik, sema&#x2019;an, alat bantu pensil, dan lingkungan kondusif, kemudian faktor penghambatnya meliputi faktor internal dan faktor eksternal.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2000/1/01.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2000/2/02.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2000/3/03.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2000/4/04.%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2000/5/05.%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2000/6/06.%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2000/7/07.%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2000/8/08.%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/2000/9/09.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Mufidah, Erna (2017) PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIZH AL QUR&#x2019;AN DI MTS NU AL HIDAYAH DESA GETASSRABI KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus. </identifier><recordID>2000</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mufidah, Erna
title PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIZH AL QUR’AN DI MTS NU AL HIDAYAH DESA GETASSRABI KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017
publishDate 2017
topic Pendidikan Islam
url http://eprints.stainkudus.ac.id/2000/1/01.%20COVER.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2000/2/02.%20ABSTRAK.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2000/3/03.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2000/4/04.%20BAB%20I.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2000/5/05.%20BAB%20II.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2000/6/06.%20BAB%20III.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2000/7/07.%20BAB%20IV.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2000/8/08.%20BAB%20V.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2000/9/09.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/2000/
contents Penelitian yang dilakukan peneliti tentang pelaksanaan program tahfizh al-Qur’an di MTs NU Al Hidayah Desa Getassrabi Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program tahfizh al-Qur’an yang ada di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus yang meliputi pelaksanaan kegiatan setiap hari, metode tahfizh al-Qur’an yang digunakan, target yang dicapai, sistem evaluasi, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait praktik pelaksanaan tahfizh al-Qur’an yang ada di MTs NU Al Hidayah, sehingga dapat dijadikan referensi bagi sekolah atau madrasah yang ingin menerapkan program tahfizh al-Qur’an dan juga dapat menjadi motivasi bagi para generasi muda supaya tertarik menghafal al-Qur’an. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang peneliti gunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, Wali kelas VIII (G), guru pengampu tahfizh al-Qur’an dan peserta didik kelas khusus putri kelas VIII (G) di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti melakukan uji keabsahan data dengan cara perpanjangan pengamatan, uji peningkatan ketekunan, menggunakan referensi, dan triangulasi. Selanjutnya untuk analisis data yaitu reduksi data, display data dan verifikasi atau kesimpulan. Mengenai penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program tahfizh al-Qur’an di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus dalam satu kelas khusus tahfizh al-Qur’an kelas VIII (G) terdapat 32 peserta didik putri yang di bagi menjadi tiga kelompok berdasarkan tingkat kemampuan peserta didik yang diampu oleh satu guru hafizh atau hafizhah. Pelaksanaan program tahfizh al-Qur’an dimulai dari pukul 07.00-11.00 pada waktu jam aktif sekolah dengan kegiatan setoran hafalan baru dan hafalan lama (muroja’ah), membaca binnadzar serta sema’an ayatan. Peserta didik di target hafalan 15 juz selama 3 tahun jadi kelas VII juz 1-5, kelas VIII juz 6-10, dan kelas IX juz 11-15. Adapun metode menghafal al-Qur’an yang paling ditekankan di MTs NU Al Hidayah adalah metode wahdah, talaqqi, dan muroja’ah. Selain itu strategi yang digunakan tahfizh al-Qur’an yaitu pengulangan ganda, dan talaqqi kepada guru tahfizh. Evaluasi yang digunakan terdiri dari evaluasi harian dan evaluasi setiap semester, yang mana dalam evaluasi tersebut terdapat buku prestasinya. Adapun faktor pendukungnya meliputi inteligensi yang baik, sema’an, alat bantu pensil, dan lingkungan kondusif, kemudian faktor penghambatnya meliputi faktor internal dan faktor eksternal.
id IOS4368.2000
institution Institut Agama Islam Negeri Kudus
affiliation onesearch.apptis.or.id
institution_id 156
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Kudus
library_id 355
collection Repository STAIN Kudus
repository_id 4368
subject_area Islam/Agama Islam
Islam dan Ilmu Sosial
Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi
city KUDUS
province JAWA TENGAH
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4368
first_indexed 2018-02-01T03:13:46Z
last_indexed 2018-02-01T03:13:46Z
recordtype dc
_version_ 1686121749083586560
score 17.538404