Daftar Isi:
  • Karya riset bertekstur tesis dalam keilmuan sosial kependidikan ini mencoba memberikan sebuah studi analisis tentang sebuah program dari pemerintah khususnya Kementerian Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak Republik Indonesia dalam ranah manajemen strategik nya guna mencari benang merah keterkaitannya dengan pemberdayaan pendidikan Islam di Madrasah Aliyah se Kecamatan Gajah Kabupaten Demak pada Tahun 2017. Dasar manajemen strategik yang pada garis besarnya membahas formulasi, impelentasi, dan evaluasi suatu kegiatan, begitu pula dengan Program Keluarga Harapan (PKH) ini. Penulis berusaha mendedah tiga langkah manajemen strategik di atas. Bagaimana formulasi PKH, bagaimana implementasi, dan bagaimana bentuk evaluasinya dalam menyasar peserta didik di Madrasah Aliyah se Kecamatan Gajah pada Tahun 2017. Teknik pengumpulan data peneliti lakukan dengan interview nara sumber yang berkompeten, observasi obyek penelitian secara continue, serta dokumentasi data-data dari lembaga yang menjadi obyek penelitian yakni Madrasah Aliyah se Kecamatan Gajah (MA Plus Keterampilan Al Irsayad Gajah Demak, MA Nurul Huda Medini Gajah Demak, MA Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak) serta subyek pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Gajah. Pengumpulan data dilakukan dengan rambu-rambu bahwa formulasi dan evaluasi lebih dominan menyasar pada pendamping PKH, serta implementasi berkutat pada Masrasah Aliyah. Analisis hasil penelitian penulis menggunakan kaidah dari Spradley (1990) yang terdiri dari analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema buadaya. Melalui analisis ini diharapkan detesis hasil riset tentang manajemen strategic PKH dalam memberdayakan penddidikan Islam di MA se Kecamatan Gajah Tahun 2017 akan lebih bermutu dan bermanfaat. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya manajemen strategic PKH dapat dilihat dalam beberapa ranah, diantaranya formulasi, dimana formulasi PKH terdiri dari beberapa tahapan yakni validasi, pemutakhiran, verifikasi pendidikan, dan penyaluran bantuan. Adapun implementasi PKH pada pendidikan Islam di MA se Kecamatan Gajah Tahun 2017 sangat dirasakan oleh peserta didik penerima PKH. Evaluasi yang dilakukan yakni berupa verifikasi pendidikan yang merupakan sarana pertanggungjawaban penerima bantuan terhadap bantuan yang diterima.