PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV MI TARBIYATUL BANIN WINONG PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran IPA di kelas IV MI Tarbiyatul Banin Winong Pati, (2) mengetahui hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran yang tidak menggunakan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) pada mata pelajaran IPA di kelas IV MI Tarbiyatul Banin Winong Pati, (3) mengetahui perbedaan yang signifikan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di MI Tarbiyatul Banin Winong Pati. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen, yang mana penelitian ekperimen ada perlakuan (treatment), dengan demikian metode penelitian eksperimen dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi tertentu. Penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MI Tarbiyatul Banin Winong Pati yakni pada ruang lingkup kelas IV. Populasi dalam peneltian ini terdiri dari semua kelas IV, cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling purposive. Teknik ini dipilih karena dalam penelitian eksperimen membutuhkan pemilihan sampel dengan pertimbangan tertentu. Analisis dalam penelitian ini, penulis menggunakan analisis statistik non parametric, untuk menguji hipotesis deskriptif satu sampel menggunakan Test Binomial, sedangkan untuk menguji hipotesis komparatif dua sampel menggunakan Chi-Square dua sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) pada mata pelajaran IPA di MI Tarbiyatul Banin Winong Pati yaitu tergolong baik, dengan hasil rata-rata nilai 89. 2) Hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan tidak menggunakan model pembelajaran pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) pada mata pelajaran IPA di MI Tarbiyatul Banin Winong Pati yaitu tergolong baik, dengan hasil rata-rata nilai 72. 3) Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di MI Tarbiyatul Banin kelas IVA dengan kelas IVB.