PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN ETIKA BISNIS TERHADAP JIWA ENTREPRENEUR MAHASISWA DI DESA KARABAN KECAMATAN GABUS KABUPATEN PATI
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan etika bisnis terhadap jiwa entrepreneur mahasiswa di Desa Karaban Kecamatan Gabus Kabupaten Pati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhpembelajaran pembelajaran kewirausahaan dan etika bisnis terhadap jiwa entrepreneur mahasiswa di Desa Karaban Kecamatan Gabus Kabupaten Pati. Pembelajaran kewirausahaan dan etika bisnis merupakan merupakan suatu konsep pembelajaran yang terpadu yang dirancang khusus bagi mahsiswa untuk mempelajari konsep, strategi, taktik, dan pengetahuan mengenai cara memulai usaha serta mengubah pola pikir dan paradigma mengenai kewirausahaan ataupun bisnis. Sampel penelitian sebesar 59 mahasiswa di Desa Karaban Kecamatan Gabus Kabupaten Pati. Subjek di ambil dari mahasiswa yang mendapatkan mata kuliah kewirausahaan dan etika bisnis. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah persamaan regresi linier berganda dengan menggunakan metode peramalan. Pengujian asumsi klasik secara keseluruhan diperoleh hasil bahwa tidak ada hubungan variabel independen dalam model regresi yang digunakan, Dalam uji t diperoleh hasil bahwa variabel pembelajaran kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap jiwa entrepreneur mahasiswa. Hal ini diketahui dari perbandingan t hitung < t tabel (1,528<2,003). Begitupun pembelajaran etika bisnis juga tidak berpengaruh terhadap jiwa entrepreneur mahasiswa. Karena -t hitung >-t tabel (-1,053>-2,003). Hasil uji f menghasilkan f hitung < f tabel yaitu sebesar (1,527<3,16). Sehingga dari pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa kedua variabel pembelajaran kewirausahaan dan etika bisnis secara serentak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap jiwa entrepreneur mahasiswa