Daftar Isi:
  • Tujuan yang ingin dicapai peneliti adalah 1. Untuk mengetahui pelayanan bimbingan kerohanian konselor terhadap pasien di Rumah Sakit Islam Sunan Kudus, dan mengetahui persepsi keluarga pasien terhadap pelayanan bimbingan kerohanian pasien di Rumah Sakit Islam Sunan Kudus. Adapun manfaat yang akan dicapai dari penelitian ini sebagai dapat memberikan kontribusi pemikiran dan ikut memperluas wacana keilmuan, khususnya mengenai pelayanan bimbingan kerohanian tehadap pasien, Sebagai bahan acuan bagi instansi atau yang lainnya mengenai pelayanan bimbingan kerohanian tehadap pasien Rumah Sakit Islam Sunan Kudus. Hasil dari penelitian ini adalah Pertama, Pelayanan bimbingan kerohanian Rumah Sakit Islam Sunan Kudus dapat ditegaskan bahwa berdasarkan hasil penelitian, ternyata ada peran bimbingan kerohanian yang dilakukan rohaniawan terhadap proses penyembuhan pasien di Rumah Sakit Islam Sunan Kudus, dan peran tersebut adalah: (a) Memotivasi kesembuhan pasien, (b) Menumbuhkan rasa tenang pada diri pasien, serta menghilangkan rasa gelisah pada diri pasien. (c) Mengajarkan pasien supaya lebih memasrahkan din pada Allah SWT. (d) Menumbuhkan rasa sabar dan ikhlas pada diri pasien dan keluarganya sesuai dengan materi yang disampaikan. (e) Memberikan sugesti pada diri pasien dengan materi yang disampaikan Kedua, Persepsi keluarga pasien terhadap pelayanan bimbingan kerohanian Rumah Sakit Islam Sunan Kudus dapat ditegaskan bahwa dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan keluarga pasien terhadap pelaksanaan Bimbingan kerohanian di Rumah Sakit Sunan Kudus mayoritas merasa senang.