Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran muatan lokal ushul fiqh dengan kitab As-sulam karya Abdul hamid hakim di MA Futuhiyyah-1 Mranggen Demak tahun pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran muatan lokal ushul fiqh dengan kitab As-sulam karya Abdul hamid hakim di MA Futuhiyyah-1 Mranggen Demak tahun pelajaran 2016/2017. (3) Untuk mengetahui hasil pelaksanaan pembelajaran muatan lokal ushul fiqh dengan kitab As-Sulam karya Abdul hamid hakim di MA Futuhiyyah-1 Mranggen Demak tahun pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif analistik, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh dari informan (Kepala Madrasah, Guru pengampu pembelajaran dan peserta didik). Lokasi penelitian ini di MA Futuhiyyah-1 Mranggen Demak. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) pelaksanaan pembelajaran muatan lokal ushul fiqh dengan kitab As-Sulam karya Abdul hamid hakim di MA Futuhiyyah-1 Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.(2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran muatan lokal ushul fiqh dengan kitab As-sulam karya Abdul hamid hakim di MA Futuhiyyah-1 Mranggen Demak tahun pelajaran 2016/2017 yaitu alokasi waktu, kompetensi guru, lingkungan, adanya mata pelajaran bahasa arab dan ilmu alat (nahwu/shorof). Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: kurangnya minat belajar siswa, Bahasa, dan latar belakang pendidikan siswa.(3) Hasil pelaksanaan pembelajaran muatan lokal ushul fiqh dengan kitab As-sulam karya Abdul hamid hakim di MA Futuhiyyah-1 Mranggen Demak tahun pelajaran 2016/1017 mencakup tiga ranah aspek yaitu: kognitif, afektif dan psikomotorik. dibuktikan dengan nilai siswa yang sudah melampaui Kriterian Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Dibuktikan dengan siswa menjalankan sholat sunnah dhuha dan sholat jama’ah dhuhur tanpa menunggu perintah dari sekolah serta kemampuan membaca, menulis, menerjemah dan memahami teks bahasa Arab.