Daftar Isi:
  • Tujuan-tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran aktif melalui metode permainan kata berjajar dalam pembelajaran bahasa arab, kelebihan dan kekurangan strateginya, serta efektifitasnya untuk meningkatkan keterampilan membaca bagi siswa di Madrasah Ibtidaiyyah Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Dan adapun pendekatan penelitiannya yaitu pendekatan kualitatif. Dan sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan metode analisis data dalam penelitian ini juga ada tiga yaitu metode data reduction, data display, dan conclusion drawing. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya penerapan strategi ini mengembangkan potensi siswa, membuat mereka belajar dengan menyenangkan dan memperhatikan pengajaran bahasa Arab lebih dari sebelumnya, maka penerapan strategi ini dianggap baik. Dan strategi ini dianggap efektif dalam merealisasikan pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan keterampilan membaca dengan bukti rata-rata kesimpulan belajar siswa dalam meningkatkan keterampilan membaca yaitu 85,3 yang telah melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk mata pelajaran bahasa Arabyang telah ditetapkan oleh madrasah yaitu 76. Sedangkan kelebihan strategi ini adalah memotivasi siswa untuk berinteraksi dan berkomukasi secara menyenangkan, meningkatkan kesungguhan belajar dan kekuatan memori mereka, menghilangkan rutinitas yang membosankan, dan melatih menggunakan bahasa Arab. Kekurangannya adalah kegaduhan siswa di kelas dan tidak adanya fokus pada materi karena terlalu bersenang-senang, dan strategi ini membutuhkan banyak waktu.