Daftar Isi:
  • Metode Insya’ Muwajjah merupakan salah satu metode pembelajaran yang dipakai seorang guru Bahasa Arab di tingkatan Madrasah Aliyah untuk melatih keterampilan siswa dalam menulis esai secara terbimbing. Di MA NU Miftahul Falah Dawe Kudus metode ini sudah diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk melatih kemampuan siswa dalam keterampilan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Insya Muwajjah dalam meningkatkan maharah kitabah dalam pembelajaran Bahasa Arab, mengetahui efektifitas penerapannya, dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat di dalamnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yaitu mengumpulkan data dari lapangan yang berhubungan dengan penerapan Insya’ Muwajjah. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif yaitu yaitu proses penelitian yang menyimpulkan data secara deskriptif. Dan penelitian ini bersifat deskriptif yaitu peneliti menggambarkan data yang ada dalam analisis. Peneliti mengumpulkan data dengan tiga macam cara yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data peneliti menggunakan beberapa langkah yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini bahwa penerapan metode Insya’ Muwajjah dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab kelas XI MA NU Miftahul Falah Dawe Kudus adalah efektif. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai siswa pada penerapan metode Insya’ Muwajjah dapat mencapai di atas nilai KKM 75 secara keseluruhan dengan nilai rata-rata 87,7 dari 30 siswa. Adapun faktor-faktor pendukung dalam penerapan metode Insya’ Muwajjah dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas XI MA NU Miftahul Falah Dawe Kudus yaitu mayoritas siswa memperhatikan dan aktif dalam pembelajaran insya’ dan memiliki banyak mufrodat. Sedangkan faktor-faktor penghambatnya yaitu adanya sebagian siswa yang tidak memperhatikan dan tidak aktif dalam pembelajaran Insya’ dan memiliki mufrodat yang sedikit.