HUBUNGAN BUDAYA ORGANISASI DENGAN KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU AGAMA DI MTS NU AL-HIDAYAH GETASSRABI GEBOG KUDUS TAHUN AJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui bagaimana budaya organisasi di MTs NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus 2017/2018. 2) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan pedagogik guru Agama di MTs NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus 2017/2018. 3) Untuk mengetauhi adakah hubungan budaya organisasi dengan pedagogik guru Agama di MTs NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di MTs NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, dengan jumlah responden 28 guru Agama di MTs NU Al-Hidayah Gebog Getassrabi Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknis analisis data yang digunakan yaitu korelasi. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) penerapan budaya organisasi di MTs NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus adalah sebesar 88.18 termasuk kategori Sangat Baik. Apabila diterapkan dalam interval nilai, terdapat antara interval (84–105). (2) kemampuan pedagogic guru Agama di MTs NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus adalah sebesar 127.11 termasuk dalam kategori Sangat Baik. Apabila di terapkan dalam interval nilai terdapat antara interval (124–155). (3) Dari hasil uji hipotesis budaya organisasi dengan kemampuan pedagogic guru Agama di MTs NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus terdapat hubungan. Hal ini terbukti dari hasil yang di peroleh dari nilai rxy sebesar 0, 510 yang lebih besar dari rtabel pada taraf kesalahan 1% = 0,478 maupun pada taraf kesalahan 5% = 0,374, sehingga ini benar-benar ada hubungan. Dari hasil perhitungan di peroleh, besarnya koefisien determinasi (R) sebesar 26,01%. Hal ini berarti hubungan budaya organisasi dengan kemampuan pedagogic guru Agama di MTs NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus dengan nilai sebesar 26,01%, sedangkan sisanya 100%–26,01 % =73,99 % adalah hubungan variabel lain yang belum diteliti oleh peneliti