PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN ADA SWALAYAN KUDUS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas dan harga terhadap keputusan pembelian pada konsumen Ada Swalayan Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan tujuan mempelajari secara intensif latar belakang, status terakhir, dan interaksi lingkungan yang terjadi pada suatu satuan sosial seperti individu, dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Jumlah sampel penelitian adalah 100 responden. Teknik pengumpulan data dengan metode angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan pada regresi linier berganda diperoleh nilai thitung sebesar 2.585. Dengan demikian thitung lebih besar dari pada ttabel (2,585>1,98472). Dengan demikian, thitung berada pada daerah Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen Ada Swalayan Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, berdasarkan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 (0,016<0,05). Hasil perhitungan pada regresi linier berganda diperoleh nilai thitung sebesar 4,981. Dengan demikian thitung lebih besar dari pada ttabel (4,981>1,98472). Dengan demikian, thitung berada pada daerah Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen Ada Swalayan Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Kualitas Produk terhadap keputusan pembelian konsumen Ada Swalayan Kudus, berdasarkan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen Ada Swalayan Kudus, berdasarkan F hitung lebih besar dari F tabel (24,142>3,09) artinya terdapat pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada konsumen Ada Swalayan Kudus.