Daftar Isi:
  • Dukungan orang tua di MTs. Manba’ul Ulum Gondosari Gebog Kudus masih rendah, dikarenakan orang tua terlalu sibuk bekerja. Anak kurang mendapatkan perhatian, sehingga anak dalam kegiatan belajar mengajar disekolah tidak bisa fokus, tidak bisa memahami pelajaran secara maksimal, dan kurang bisa bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah : (1) Mengetahui bentuk dukungan orang tua dalam menunjang keberhasilan pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Manba’ul Ulum Gondosari Gebog Kudus. (2) Mengetahui efektivitas dukungan orang tua dalam menunjang keberhasilan pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Manba’ul Ulum Gondosari Gebog Kudus. (3) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat efektivitas dukungan orang tua dalam menunjang keberhasilan pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Manba’ul Ulum Gondosari Gebog Kudus. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Sesuai dengan obyek kajian, maka penelitian adalah penelitian lapangan. Disini peneliti mengambil lokasi di MTs. Manaba’ul Ulum Gondosari Gebog Kudus. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti mengumpulkan data, serta menggunakan uji keabsahan data melalui credibility, transferability, dan confirmability. Setelah itu data dianalisis secara kualitatif dengan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : Pertama, bentuk dukungan orang di MTs. Manba’ul Ulum Gondosari Gebog Kudus meliputi : dukungan moril, dan dukungan materiil. Dukungan moril meliputi : perhatian, motivasi orang tua kepada anaknya dalam hal belajar. Sedangkan dukungan materiil meliputi : pemenuhan kebutuhan dalam hal sandang, pangan, papan dan biaya pendidikan. Kedua, efektivitas dukungan orang tua dalam menunjang keberhasilan pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Manba’ul Ulum Gondosari Gebog Kudus adalah cukup efektif terbukti dengan : Siswa mempunyai akhlak yang baik disekolah meliputi : siswa menghormati guru, dan siswa lebih mengerti tanggung jawab sebagai pelajar. Siswa mengikuti kegiatan PBHI dengan baik. Guru aqidah akhlak hanya menjelaskan secara garis besarnya saja karena sudah dibiasakan oleh orang tuanya ketika dirumah. Ketiga, Faktor pendukung efektivitas dukungan orang tua adalah : keaktifan orang tua dalam memantau anak disekolah, kerja sama antara orang tua dengan guru, dan motivasi siswa itu sendiri. Faktor penghambatnya adalah : ketidakpedulian orang tua, tidak ada kerja sama antara orang tua dengan guru, dan motivasi anak yang kurang dalam belajar.