Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk menguji secara empiris pengaruh religiusitas terhadap minat menabung di BMT Se-Kabupaten Jepara, 2) untuk menguji secara empiris pengaruh atribut produk Islam terhadap minat menabung di BMT Se-Kabupaten Jepara, 3) untuk menguji secara empiris pengaruh bauran promosi terhadap minat menabung di BMT Se-Kabupaten Jepara. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan: metode angket atau kuesioner untuk memperoleh data respon nasabah mengenai religiusitas, atribut produk Islam, dan bauran promosi terhadap minat menabung di BMT Se-Kabupaten Jepara. Metode analisis data menggunakan uji regresi linier berganda. Berdasarkan uji regresi, diketahui bahwa Religiusitas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat menabung di BMT Se-Kabupaten Jepara. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan koefisien regresi sebesar 0,225 dengan tingkat signifikansi t sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,05. Atribut Produk Islam mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat menabung di BMT Se-Kabupaten Jepara. Hal ini ditunjukkan dengan besar koefisien regresi sebesar 0,201 dengan tingkat signifikansi t sebesar 0,030 lebih kecil dari 0,05. Bauran Promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat menabung di BMT Se-Kabupaten Jepara. Hal ini ditunjukkan dengan besarnya koefisien regresi sebesar 0,385 dengan tingkat signifikansi t sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05.