PEMBELAJARAN DI MI ITU DOKTRINER

Main Author: Muchith, M. Saekhan
Format: Article PeerReviewed
Terbitan: Website STAIN Kudus , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.stainkudus.ac.id/1522/
http://www.stainkudus.ac.id/berita-m-saekan--model-pembelajaran-di-mi-itu-doktriner.html
Daftar Isi:
  • Dilihat dari perspektif teori Jean Piaget, pendidikan di MI/SD adalah proses perkembangan masa operasional kongrit yanitu rentang waktu 7-12 tahaun, dimana rentang waktu ini anak mulai mengenal dirinya dan orang lain melalui optimali potensi yang ada did alam dirinya. Konsekuensinya pembelajaran di MI harus mampu mengembangkan seluruh potensi untuk pengembangan di masa mendatang. Dari teori psiko-analisa, pada masa usia 7-12 tahun adalah masa mencari jati diri yang diwujudkan dengan cara mencontoh (uswah) kepada orang lain yang dianggap memiliki kelebihan di mata anak. Dari perspektif teori John Locke dan Francis Bacon yang dikenal dengan “tabularasa” maka pembelajaran di MI adalah proses untuk menggambar atau memberi warna kepada anak didik secara tepat agar gambaran atau proses mewaranai benar benar memberi makna dan bermakna di masa mendatang. Dengan kata lain proses pendidikan dan pembelajaran di MI dapat dikatakan sangat netral dan bisa di arahkan atau digeser kemanapun tergantung dari guru atau orang yang ada disekitarnya.