PENGARUH METODE DISKUSI DAN ARGUMENTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MA TARBIYATUL MUBTADIIN WILALUNG GAJAH DEMAK TAHUN AJARAN 2014/2015
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah :Untuk mengetahui pengaruh antara metode diskusi dan argumentasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al- Qur’an Hadits di MA Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan jenis field research, dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode angket yang disebarkan pada responden sebanyak 54 siswa. Kemudian analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu dengan menggunakanan alisis statistik meliputi analisis pendahuluan, analisis uji hipotetis dan analisis lanjut. Adapun lokasi penelitian ini di MA Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak. Adapun hasil penelitian ini adalah Penggunaan metode diskusi pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak tahun ajaran 2014/2015 tergolong Baik dengan memiliki rata-rata 77,24 karena termasuk dalam interval (77-81), artinya penggunaan metode diskusi rata-rata memiliki pengaruh yang baik sehingga mempengaruhi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak tahun ajaran 2014/2015. Kemampuan berargumentasi siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak tahun ajaran 2014/2015 adalah tergolong Baik dengan memiliki rata-rata 85,20 yang termasuk dalam interval (85-90), artinya kemampuan berargumentasi siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak tahun ajaran 2014/2015 dilatarbelakangi oleh adanya penggunaan metode diskusi. Dari hasil uji hipotetis, terdapat pengaruh antara metode diskusi, argumentasi, dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran mata pelajaran Al- Qur’an Hadits di MA Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak tahun ajaran 2014/2015, hal ini terbukti dari hasil ryx1x2 sebesar 0,986 lebih besar dari rtabel pada taraf kesalahan 1% = 0,345 maupun pada taraf kesalahan 5% = 0,266, ini berarti ada pengaruh yang positif antara metode diskusi dan argumentasi terhadap prestasi belajar siswa di MA Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak tahun ajaran 2014/2015. Dari hasil perhitungan diperoleh, besarnya koefisien determinasi (R) sebesar 3,954 atau 39,54 %. Hal ini berarti pengaruh antara metode diskusi dan argumentasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak tahun ajaran 2014/2015 dengan nilai sebesar 39,54% sedang sisanya 100% -39,54% = 60,46% merupakan variabel lain yang belum diteliti peneliti.