ANALISIS STRATEGI GURU MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENGGUNAKAN VARIASI GAYA MENGAJAR TEKNOLOGIS DAN INTERAKSIONAL DI MA MATHALIBUL HUDA MLONGGO TAHUN 2015/2016

Main Author: Puspa, Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.stainkudus.ac.id/143/1/04%20BAB%20I.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/143/2/05%20BAB%20II.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/143/3/06%20BAB%20III.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/143/4/07%20BAB%20IV.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/143/5/08%20BAB%20V.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/143/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan guru mata pelajaran Akidah Akhlak dalam menggunakan variasi gaya mengajar teknologis dan interaksional di MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara. Fokus penelitian ini dijabarkan menjadi pertanyaan; 1) bagaimana proses pelaksanaan strategi guru mata pelajaran akidah akhlak dalam menggunakana variasi gaya mengajar teknologis dan interaksional di MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara 2015/2016?, 2) faktor apa yang mendukung dan menghambat pelaksanaan strategi guru mata pelajaran akidah akhlak dalam menggunakana variasi gaya mengajar teknologis dan interaksional di MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara 2015/2016? Penelitian ini merupakan penelitian survey lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles and Huberman dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun lokasi penelitiannya sendiri adalah di MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara. Dari hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Pertama, Proses pelaksanaan Strategi guru mata pelajaran Akidah Akhlak dalam menggunakan variasi gaya mengajar teknologis dan interaksional . Guru mata pelajaran Akidah Akhlak bukan hanya menyampaikan materi dengan ceramah saja.tetapi ada strategi variasi gaya mengajar dalam proses belajar mengajar, proses pelaksanaan dengan cara guru memberikan materi akidah Akhlak dengan cara menggunakan teknologi leptop dan LCD untuk menayangkan materi kepada siswa dan dalam menyampaikan materi juga guru dan siswa selalu berinteraksi secara baik yang menciptakan suasana kelas yang aktif dan menyenangkan dalam proses pelaksanaannya siswa sangat menikmatinya dan sangat berantusias terhadap pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak yang disajikan oleh guru mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara.. Kedua, faktor-faktor pendukung dan penghambat strategi guru mata pelajaran akidah akhlak dalam menggunakan variasi gaya mengajar teknologis dan interaksional di MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara adalah faktor pendukung antara lain: faktor guru, faktor siswa, faktor bahan ajar, dan adanya faktor dukungan dari komite sekolah,. Faktor penghambat antara lain: faktor guru, factor-faktor siswa, faktor alokasi waktu, dan kurangnya faktor sarana prasaran.