PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN GURU TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH SE-KECAMATAN DUKUHSETI KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: Aminah, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.stainkudus.ac.id/1394/1/HJ.%20SITI%20AMINAH%2C%20S.AG_opt.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/1394/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru madrasah tsanawiyah di Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati tahun pelajaran 2014/2015. 2) Untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan guru terhadap kinerja guru madrasah tsanawiyah di Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati tahun pelajaran 2014/2015. 3) Untuk mengetahui seberapa pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan latar belakang pendidikan guru terhadap kinerja guru madrasah tsanawiyah di Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan field research dengan metode angket yang disebarkan langsung pada guru madrasah tsanawiyah di Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati sebanyak 127 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Adapun hasil temuan penelitian ini adalah: 1) Kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru madrasah tsanawiyah di Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati tahun pelajaran 2014/2015 memiliki pengaruh sebesar 0,487. Dari hasil tersebut kemudian dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dan 1%. Pada taraf signifikan 5% dengan N = 127 adalah 0,176 sedangkan taraf signifikan 1% dengan N = 127 adalah 0,230 artinya Ha diterima, Ho ditolak. 2) Latar belakang pendidikan guru terhadap kinerja guru madrasah tsanawiyah di Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati tahun pelajaran 2014/2015 memiliki pengaruh sebesar 0,252. Dari hasil tersebut kemudian dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dan 1%. Pada taraf signifikan 5% dengan N = 127 adalah 0,176 sedangkan taraf signifikan 1% dengan N = 127 adalah 0,230 artinya Ha diterima, Ho ditolak. 3) Kepemimpinan kepala madrasah dan latar belakang pendidikan guru terhadap kinerja guru madrasah tsanawiyah di Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati tahun pelajaran 2014/2015 terdapat pengaruh hal ini terlihat dari hasil nilai F sebesar 21,615 dengan taraf signifikansi 0,000 lebih besar 0,005 (Sig. > 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dan latar belakang pendidikan guru memiliki pengaruh terhadap kinerja guru madrasah tsanawiyah di Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati.