OPTIMALISASI PERAN KOMITE MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH SE-KECAMATAN WEDARIJAKSA TAHUN 2014-2015)

Main Author: Hasanah, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.stainkudus.ac.id/1381/1/TESIS%20NUR%20HASANAH%20MP-13003_opt.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/1381/
ctrlnum 1381
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.stainkudus.ac.id/1381/</relation><title>OPTIMALISASI PERAN KOMITE MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH SE-KECAMATAN WEDARIJAKSA TAHUN 2014-2015)</title><creator>Hasanah, Nur</creator><subject>Pendidikan</subject><subject>Administrasi Pendidikan</subject><subject>Disiplin Sekolah</subject><description>Lembaga pendidikan formal yang biasa disebut dengan sekolah atau Madrasah, merupakan pranata sosial yang terus berkembang.Dikarenakan pendidikan merupakan pranata sosial, maka keterlibatan masyarakat dalam proses pendidikan menjadi mutlak diperlukan sebagaimana tertuang dalam paradigma baru tripusat pendidikan. Dalam manajemen berbasis madrasah peran orang tua/masyarakat sangat penting sehingga terbentuklah Komite Madrasah sesuai&#xD; Kepmendiknas No. 044/U/2002.&#xD; Fokus penelitian dalam tesis ini adalah bagaimana mutu pendidikan di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Wedarijaksa tahun pelajaran 2014/2015?, bagaimana optimalisasi peran Komite Madrasah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Wedarijaksa tahun pelajaran&#xD; 2014/2015?, dan apakah faktor pendukung dan penghambat optimalisasi peran Komite Madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah se- Kecamatan Wedarijaksa tahun pelajaran 2014/2015?&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian survei lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan trianggulasi. Metode analisis data menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles and Huberman dengan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun lokasi penelitiannya sendiri adalah di Madrasah Aliyah di kecamatan Wedarijaksa, Pati.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama: mutu pendidikan Madrasah Aliyah di kecamatan Wedarijaksa dapat dikatakan sudah baik, namun harus terus ditingkatkan Kedua, optimalisasi Komite Madrasah telah dilaksanakan di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Wedarijaksa dengan keempat perannya yaitu sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency), pemberi dukungan (supporting agency), badan pengontrol (controlling agency) dan badan penghubung (mediator agency), namun masih belum maksimal. Ketiga, faktor pendukung meliputi: pembentukan dan pemilihan Komite Madrasah dilakukan secara musyawarah kekeluargaan, hubungan kerjasama Komite dan Kepala Madrasah yang lebih mudah, dan dukungan kuat masyarakat terhadap madrasah. sedangkan faktor penghambat meliputi minimnya pengetahuan tentang tugas-tugas Komite Madrasah, dan kurangnya independensi dan profesionalitas Komite Madrasah.&#xD; Adapun saran yang dapat penulis sampaikan kepada Komite Madrasah, untuk lebih mengoptimalkan perannya, agar mutu pendidikan madrasah semakin meningkat lebih baik lagi.&#xD; &#xD; Kata kunci : Komite Madrasah, Mutu Pendidikan.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.stainkudus.ac.id/1381/1/TESIS%20NUR%20HASANAH%20MP-13003_opt.pdf</identifier><identifier> Hasanah, Nur (2016) OPTIMALISASI PERAN KOMITE MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH SE-KECAMATAN WEDARIJAKSA TAHUN 2014-2015). Masters thesis, STAIN Kudus. </identifier><recordID>1381</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hasanah, Nur
title OPTIMALISASI PERAN KOMITE MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH SE-KECAMATAN WEDARIJAKSA TAHUN 2014-2015)
publishDate 2016
topic Pendidikan
Administrasi Pendidikan
Disiplin Sekolah
url http://eprints.stainkudus.ac.id/1381/1/TESIS%20NUR%20HASANAH%20MP-13003_opt.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/1381/
contents Lembaga pendidikan formal yang biasa disebut dengan sekolah atau Madrasah, merupakan pranata sosial yang terus berkembang.Dikarenakan pendidikan merupakan pranata sosial, maka keterlibatan masyarakat dalam proses pendidikan menjadi mutlak diperlukan sebagaimana tertuang dalam paradigma baru tripusat pendidikan. Dalam manajemen berbasis madrasah peran orang tua/masyarakat sangat penting sehingga terbentuklah Komite Madrasah sesuai Kepmendiknas No. 044/U/2002. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah bagaimana mutu pendidikan di Madrasah Aliyah se-Kecamatan Wedarijaksa tahun pelajaran 2014/2015?, bagaimana optimalisasi peran Komite Madrasah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Wedarijaksa tahun pelajaran 2014/2015?, dan apakah faktor pendukung dan penghambat optimalisasi peran Komite Madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah se- Kecamatan Wedarijaksa tahun pelajaran 2014/2015? Penelitian ini merupakan penelitian survei lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan trianggulasi. Metode analisis data menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles and Huberman dengan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun lokasi penelitiannya sendiri adalah di Madrasah Aliyah di kecamatan Wedarijaksa, Pati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama: mutu pendidikan Madrasah Aliyah di kecamatan Wedarijaksa dapat dikatakan sudah baik, namun harus terus ditingkatkan Kedua, optimalisasi Komite Madrasah telah dilaksanakan di Madrasah Aliyah Se-Kecamatan Wedarijaksa dengan keempat perannya yaitu sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency), pemberi dukungan (supporting agency), badan pengontrol (controlling agency) dan badan penghubung (mediator agency), namun masih belum maksimal. Ketiga, faktor pendukung meliputi: pembentukan dan pemilihan Komite Madrasah dilakukan secara musyawarah kekeluargaan, hubungan kerjasama Komite dan Kepala Madrasah yang lebih mudah, dan dukungan kuat masyarakat terhadap madrasah. sedangkan faktor penghambat meliputi minimnya pengetahuan tentang tugas-tugas Komite Madrasah, dan kurangnya independensi dan profesionalitas Komite Madrasah. Adapun saran yang dapat penulis sampaikan kepada Komite Madrasah, untuk lebih mengoptimalkan perannya, agar mutu pendidikan madrasah semakin meningkat lebih baik lagi. Kata kunci : Komite Madrasah, Mutu Pendidikan.
id IOS4368.1381
institution Institut Agama Islam Negeri Kudus
affiliation onesearch.apptis.or.id
institution_id 156
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Kudus
library_id 355
collection Repository STAIN Kudus
repository_id 4368
subject_area Islam/Agama Islam
Islam dan Ilmu Sosial
Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi
city KUDUS
province JAWA TENGAH
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4368
first_indexed 2017-07-15T02:36:32Z
last_indexed 2017-07-15T02:48:31Z
recordtype dc
_version_ 1686121745378967552
score 17.538404