STUDI ANALISIS PEMBELAJARAN KALIGRAFI PADA MUATAN LOKAL BACA TULIS AL-QUR’AN DI SDLB KALIWUNGU KUDUS

Main Author: Prayogo, Abdi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://eprints.stainkudus.ac.id/1378/1/SKRIPSI%20OLEH%20ABDI%20PRAYOGO%20%28109%20059%29%20JURUSAN%20TARBIYAH%20PAI%202016_opt.pdf
http://eprints.stainkudus.ac.id/1378/
Daftar Isi:
  • Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan 1) Bagaimana pembelajaran kaligrafi pada muatan lokal Baca Tulis Al-Qur’an di SDLB Kaliwungu Kudus 2) Bagaimana penerapan muatan lokal Baca Tulis Al- Qur’an di SDLB Kaliwungu Kudus 3) Apa saja faktor penghambat dan pendorong pembelajaran kaligrafi pada muatan lokal Baca Tulis Al-Qur’an di SDLB Kaliwungu Kudus. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Yaitu metode untuk meneliti status kelompok manusia, suatu obyek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Berdasarkan analisis data, maka dihasilkan simpulan sebagai berikut: 1) Pembelajaran kaligrafi merupakan sebuah pembelajaran yang masuk dalam materi muatan lokal Baca Tulis Al-Qur’an. Untuk memberikan pembelajaran ini terhadap siswa SDLB Kaliungu Kudus harus disampaikan dengan sangat menyenangkan. Guru tidak boleh pasif didepan. Namun harus aktif menghapiri siswa. Karena siswa SDLB memang memerlukan perhatian yang lebih daripada siswa SD pada umumnya. 2) Muatan lokal yang ada di SDLB Kaliwungu Kudus ada 2 yaitu Bahasa Jawa dan Baca Tulis Al-Qur’an. Penerapan muatan lokal Baca Tulis Al- Qur’andi SDLB Kaliwungu Kudus sudah memenuhi standar waktu pembelajaran muatan lokal yaitu 2 jam. 3) ada beberapa faktor yang mendorong maupun menghambat dalam pembelajaran kaligarfi pada muatan lokal Baca Tulis Al- Qur’an di SDLB, adapun faktor pendorong yaitu sekolah telah memikki guru- guru yang sudah berkompeten menangani anak-anak berkebutuhan khusus. Karena rata-rata guru yang mengajar disini memang alumni sekolah pendidikan luar biasa yang sudah dipersiapkan dari pemerintah provinsi. Faktor pendorong yang lain yaitu sarana dan prasaranayang dimilikiolesekolah. Sementara untuk faktor penghambat yaitu lebih kepada minimnya dorongan dari orang tua terhadap anak-anaknya. sehingga dampak pembelajaran kurang begitu bisa dirasakan. . Kata Kunci : Pembelajaran kaligrafi, Muatan Lokal Baca Tulis Al-Qur’an