Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan melihat secara nyata tentang langkahdalam implementasi model pembelajaran ICARE pada mata pelajaran Fiqih di MTsNegeri 2 Kudus,untukmengetahui faktor apa yang mendukung penerapan model pembelajaran ICARE pada mata pelajaran Fiqih di MTsNegeri 2 Kudus, sertauntukmengetahuiefektifitas implementasi model pembelajaran ICARE pada mata pelajaran Fiqih di MTs Negeri 2 Kudus. Penelitianinimerupakanstudi lapangan (field research)denganpenelitiankualitatif di MTs Negeri 2 Kuduspadakelas VIII.Pengumpulandata tersebut diperoleh dengan metode observasi pembelajaran Fiqih dengan model ICARE, wawancara pada guru Fiqih dan rekan kerjanya, peserta didik, serta kepala madrasah, dan metode dokumentasi diperoleh rencana pembelajaran, proses pembelajaran Fiqih dengan model ICARE. Metode analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1) Langkah penerapanmodel pembelajaran ICARE pada mata pelajaran Fiqih di MTs Negeri 2Kudusterdiri dari langkah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) Faktor pendukung penerapanmodel pembelajaran ICAREpada mata pelajaran Fiqih di MTs Negeri 2Kudus,yaitu: Ketepatan guru dalam menerapkan model, tersedianya sumber atau bahan yang mendukung mata pelajaran Fiqih, tersedianya alat peraga atau media, siswa yang aktif dan kooperatif dalam pembelajaran, kondisi kelas yang bersih, rapi dan nyaman serta alokasi waktu yang tepat pada tiap kegiatan pembelajaranya.