BISNIS MULTILEVEL MARKETING DALAM PERSPEKTIF ISLAM
Main Author: | Rahmawaty, Anita |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed |
Terbitan: |
PASCASARJANA STAIN KUDUS
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.stainkudus.ac.id/1198/ http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/716 |
Daftar Isi:
- Multilevel marketing merupakan strategi pemasaran yang memanfaatkan konsumen untuk menyalurkan suatu produk tertentu dengan menggunakan beberapa level. Strategi ini sangat populer karena adanya dukungan akses jaringan sosial modern. Namun demikian, dalam perkembangannya, muncul penipuan bisnis yang berkedok MLM sehingga membuat citra bisnis MLM ini menjadi buruk di mata masyarakat. Akibatnya, bisnis MLM ini sering menerima kritik dari masyarakat. Hal ini disebabkan sebagian besar orang yang berbisnis MLM tidak memahami karakteristik dari bisnis MLM secara keseluruhan, baik apakah dalam bisnis ini mengandung unsur yang dilarang atau tidak, dan apakah sistem pemasaran bisnis ini sesuai dengan hukum Islam. Makalah ini mengkaji tentang kejelasan status hukum bisnis MLM dalam perspektif hukum Islam.