Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap kemampuan berfikir kritis siswa dalam berargumentasi pada mata pelajaran fikih di MA Manzilul Ulum Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus. Penelitian ini bersifat field research (penlitian lapangan) yaitu suatu penelitian dimana peneliti langsung terjun ke kancah untuk mencari bahan – bahan yang mendekati realitas kondisi yang diteliti. Dalam Penelitian ini peneliti melakukan studi lapangan di MA Manzilul Ulum Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus yang di fokuskan pada kelas XI. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kuantitatif dikarenakan data penelitian berupa angka – angka dan analisisnya menggunakan statistik. Data yang akan diteliti dengan kuantitatif adalah data tentang model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) ,kemampuan berfikir kritis, dan berargumentasi . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS yang berjumlah 30 peserta didik, kemudian diambil sampel sebesar 22 dengan menggunakan teknik Sampling jenuh. Dalam analisis data Penelitian ini menggunakan analisis regresi sebagai teknik analisisnya. Analisis regresi digunakan untuk memprediksikan perubahan variabel dependen (variabel Y) didasarkan atas perubahan variabel independen (variabel X). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa koefisien Pembelajaran berbasis proyek ( Project Based Laeraning) 0,602 menyatakan bahwa setiap peningkatan model pembelajaran berbasis proyek sebesar 100% akan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 60,2% variabel project based learning mempunyai t hitung sebesar 8,388 dengan probabilitas (sig) 0,000. Nilai probabilitas (sig) ini kurang dari nilai 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga variabel project based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan “pembelajaran berbasis proyek berpengaruh positif terhadap kemampuan berfikir kritis siswa” diterima. Kata Kunci : Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Mata Pelajaran Fikih