Daftar Isi:
  • Penelitian ini bermaksud melihat secara nyata dari fenomena strategi pembelajaran mata pelaajran fikih yang berlandaskan konsep PAIKEM di MI Tarbiyatul Islamiyah Klakahkasihan Gembong Pati . Tujuan dalam penelitian ini dijabarkan sebagai berikut; 1.) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi pembelajaran mata pelajaran fikih di MI Tarbiyatul Islamiyah Klakahkasihan Gembong Pati. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran PAIKEM pada mata pelajaran fikih di MI Tarbiyatul Islamiyah Klakahkasihan Gembong Pati 3. Untuk mendeskripsikan keberhasilan implementasi strategi pembelajaran PAIKEM dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih di kelas VI MI Tarbiyatul Islamiyah Klakahkasihan Gembong Pati. Penelitian ini merupakan penelitian survey lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles and Huberman dengan empat langkah, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun lokasi penelitiannya sendiri adalah di MI Tarbiyatul Islamiyah Klakahkasihan Gembong Pati Tahun Pelajaran 2015/2016. Dari hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Pertama, Realitas pelaksanakan strategi pembelajaran mapel fikih di MI Tarbiyatul Islamiyah Klakahkasihan dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: Sosialisasi penggunaan strategi pembelajaran yang baik dan tepat, penyusunan strategi pembelajaran yang tepat dalam RPP, pelaksanaan strategi pembelajaran. Kedua, realita penerapan strategi pembelajaran PAIKEM pada mata pelajaran fikih, guru harus mampu menerapkan empat langkah PAIKEM. Pertama, indikator PAIKEM. Kedua prinsip-prinsip penerapan PAIKEM. ketiga, mengatur kelas dengan variatif dan dinamis. keempat, menggunakan aplikasi praktis strategi PAIKEM dalam pembelajaran. Keempat langkah tersebut harus dikuasai seorang pendidik karena akan mempengaruhi keberhasilan peningkatan prestasi belajar siswa pada mapel fikih. Ketiga, Keberhasilan penerapan (Implementasi) strategi pembelajaran PAIKEM itu bisa dilihat dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang meliputi tiga ranah pencapaian tujuan pendidikan yaitu kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotor ( ketrampilan). Namun sampai saat ini ranah kognitiflah yang masih diutamakan sebagai sebuah kelulusan. Sehingga prestasi yang dikejar adalah nilai dari kemampuan kognitif. Sedangkan aspek afektif dan psikomotor hanya sebagai pelengkap saja. Kata kunci : Implementasi PAIKEM, fikih, prestasi belajar