Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kemandirian belajar peserta didik pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MI NU Al Falah Rejosari Dawe Kudus tahun pelajaran 2014/2015. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kemandirian belajar peserta didik pada Mata Pelajaran akidah akhlak di MI NU Al Falah Rejosari Dawe Kudus tahun pelajaran 2014/2015 Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang menjadi informan adalah kepala madrasah, guru Aqidah Akhlak dan peserta didik di MI NU Al Falah Rejosari Dawe Kudus. Adapun temuan penelitian ini adalah: 1) Kemandirian belajar peserta didik pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MI NU Al Falah Rejosari Dawe Kudus tahun pelajaran 2014/2015 adalah siswa dapat memiliki kebebasan untuk mengeluarkan pendapat sesuai dengan pengalaman pribadinya dalam mengikuti pembelajaran Aqidah Akhlak secara berlangsung. 2) Faktor pendukung dan penghambat kemandirian belajar peserta didik pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MI NU Al Falah Rejosari Dawe Kudus tahun pelajaran 2014/2015 adanya situasi yang menghadirkan kelengkapan serta keterbukaan interaksi dalam pembelajaran Aqidah Akhlak antara siswa satu dengan yang lainnya, adanya kerjasama guru dan siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Sementara faktor penghambatnya adalah adanya rasa tekanan sosial pada diri siswa saat konformitas terhadap teman-teman kelompoknya serta siswa kurang berani dalam melakukan eksplorasi, menggunakan imajinasi, dan penyelidikan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Aqidah Akhlak. Kata Kunci: Kemandirian Belajar Peserta Didik, Pembelajaran Aqidah Akhlak