PENGARUH EFEKTIFITAS KOMUNIKASI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH DI BMT BINA UMMAT SEJAHTERA CABANG KALIWUNGU KUDUS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Efektifitas Komunikasi dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung Nasabah di BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Kaliwungu Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan tujuan mempelajari secara intensif latar belakang, status terakhir, dan interaksi lingkungan yang terjadi pada suatu satuan sosial seperti individu, dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Jumlah sampel penelitian adalah 86 responden. Metode pengumpulan data dengan penyebaran angket. Teknik analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang meliputi uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, uji normalitas, analisis regresi berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan Efektifitas komunikasi berpengaruh positif terhadap minat menabung nasabah di BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Kaliwungu Kudus berdasarkan nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel (6,125>1,9890). Kepercayaan berpengaruh positif terhadap minat menabung nasabah di BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Kaliwungu Kudus berdasarkan nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel (2,118>1,9890). Efektifitas komunikasi dan kepercayaan berpengaruh positif terhadap minat menabung nasabah di BMT Bina Ummat Sejahtera Cabang Kaliwungu Kudus berdasarkan nilai F hitung yang lebih besar dari F tabel (29,626>3,15).