ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKHLAK KITAB AL-AKHLAKUZZAKIYYAH FI ADABITTHOLIBIL MARDLIYAH DI MA MAZRO’ATUL HUDA WONORENGGO KARANGANYAR DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran akhlak kitab al-akhlakuzzakiyyah fi adabittholibil mardliyah di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran akhlak kitab al-akhlakuzzakiyyah fi adabittholibil mardliyah di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. (3) Untuk mengetahui hasil pelaksanaan pembelajaran akhlak kitab al-akhlakuzzakiyyah fi adabittholibil mardliyah di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekaatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh dari informan (kepala madrasah, guru pengampu pembelajaran akhlak dan peserta didik) terkait dengan permasalahan penelitian. Adapun lokasi penelitian ini di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan pembelajaran akhlak kitab al-akhlakuzzakiyyah fi adabittholibil mardliyah di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2016/2017. Menurut peniliti pembelajaran dikategorikan cukup efektif hal ini dibuktikan dengan adanya siswa yang mampu memahami materi yang diajarkan. Pembelajaran dikatakan cukup efektif karena pelaksanaannya hanya 1 kali pertemuan dalam satu minggu dan alokasinya hanya 1 Jam pelajaran (1x45 menit). (2) Faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran akhlak kitab al-akhlakuzzakiyyah fi adabittholibil mardliyah di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2016/2017 yaitu kompetensi guru, lingkungan madrasah, adanya mata pelajaran bahasa Arab dan materi dalam kitab. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kompetensi peserta didik, alokasi waktu dan bahasa. (3) Hasil pelaksanaan pembelajaran akhlak kitab al-akhlakuzzakiyyah fi adabittholibil mardliyah di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2016/2017 yaitu mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotorik , hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa yang mencapai “82” diatas nilai KKM yaitu “ 75” dan juga akhlak yang dimiliki oleh peserta didik kelas X di MA Mazro’atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak tergolong baik, hal ini dapat dilihat dari tutur kata serta perilaku peserta didik yang sopan terhadap guru, tenaga kependidikan dan juga interaksi antar siswa. Serta dapat dilihat dari keterampilan membaca, menerjemah, dan memahami teks berbahasa Arab.