Motor Bakar Bensin Menggunakan Sistem Bahan Bakar Elektronic Fuel Injection (EFI)

Main Author: Arifin, Dani
Format: Thesis application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Medan Area , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/4252
Daftar Isi:
  • Pembakaran terjadi di ruang bakar pada silinder mesin, unsur utama pada proses pembakaran adalah bahan bakar dan udara Dengan perbandingan antara bahan bakar dan udara yang tepat yaitu 1 : 14 ,7 (1 kg bahan bakar memerlukan 14 ,7 kg udara) m.aka akan dihasilkan pembakaran yang optimal. Dimana bahan bakar akan terbakar dengan sempurna sehingga akan menghemat bahan bakar dan gas buang yang dihasilkan bersih. Dengan semakin menipisnya persediaan bahan bakar minyak dan semakin banyaknya pencemaran lingkungan maka sekarang ini dibutuhkan mesin yang irit dan ram.ah lingkungan. Pennasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah bagaimana mengontrol perbandingan antara bahan bakar dan udara sesuai teori yaitu : 1 : 14 ,7 penelitian yang dilakukan menggunakan mesin Toyota Kijang 4 K 1300 cc termaksud proses terbentuknya. Air Fuel Ratio (AFR) yang terjadi di dalam mesin. Kemudian dari data yang diperoleh akan dirancang kontrolernya menggunakan metode Adaptive Neuro - Fuzzy Inference System (ANFIS) diharapkan dapat mengontroi AFR sesuai dengan yang diinginkan yaitu 1 : 14 ,7 pada mesin Toyota Kijang.