Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Menyontek pada Siswa YP Mts. Al-Azhar Medan
Main Author: | Nafeesa, Nafeesa; Universitas Medan Area |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Psychology Department Faculty of Psychology Medan Area University
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ojs.uma.ac.id/index.php/diversita/article/view/1181 http://ojs.uma.ac.id/index.php/diversita/article/view/1181/1181 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji dan mendapatkan data secara empiris mengenai hubungan kontrol diri dengan perilaku menyontek pada siswa. Sejalan dengan landasan teori, maka diajukan hipotesa yang berbunyi ada hubungan negatif antara kontrol diri dengan perilaku menyontek. Dimana semakin tinggi kontrol diri siswa, maka semakin rendah perilaku menyontek. Penelitan ini melibatkan 187 siswa YP MTs Al-Azhar Medan sebagai subjek penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen skala likert untuk skala kontrol diri dan skala perilaku menyontek. Skala kontrol diri disusun berdasarkan aspek-aspek menurut Averil, 1973 yaitu: kontrol perilaku, kontrol kognitif, dan kontrol keputusan. Skala perilaku menyontek disusun berdasarkan bentuk-bentuk menurut Klausmeier, 1985 yaitu: menggunakan catatan jawaban sewaktu ujian atau tes, menyontoh jawaban sewaktu ujian, memberikan jawaban yang telah selesai kepada teman, dan menghindar dari aturan-aturan ujian. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil terdapat hubungan negatif antara kontrol diri dengan perilaku menyontek. Hasil ini dibuktikan dengan koefisien korelasi, dimana rxy = - 0.222; p = 0.002 < 0.05. Nilai koefisien determinasi (R square) penelitian dengan nilai sebesar 0.049. Dapat diartikan bahwa variabel kontrol diri mempengaruhi perilaku menyontek sebesar 4.9%. Dari hasil perhitungan mean hipotetik dan mean empirik diperoleh kontrol diri tinggi dan perilaku menyontek rendah.