Penggunaan Model Pembelajaran Team Asisted Individualization Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Main Author: Susilawati, .; SD Negeri 054931 Batu Melenggang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SMART EDUCATION , 2017
Online Access: http://deacas.com/se/jurnal/index.php/JPE/article/view/93
http://deacas.com/se/jurnal/index.php/JPE/article/view/93/62
Daftar Isi:
  • Abstract: This classroom action research aims to determine the improvement of student learning outcomes with the use of cooperative learning model TAI (Team Asisted Individualization) on Indonesian subjects in class V SD Negeri 054931 Batu Melenggang Hinai T.A. 2015/2016. Subjects in this study were students of class V that is with the number of students as many as 39 people. After the data collected and analyzed the analysis results obtained: in cycle I obtained an increase in the value of the test results given to 14 students (35.89%) is successful, and the average value of 70.23 In cycle II obtained an increase in value Of the test results are tested to 39 students where 33 oarang students (92.30%) otherwise have been able to provide comments or pendaptnya well, with an average value of 80.12. Based on the findings of research and discussion, it can be concluded that the use of TAI learning model can improve student learning outcomes in the material understand the text in class V SD Negeri 054931 Batu Melenggang Hinai district Langkat T.A. 2015/2016. Keywords: team asisted individualization, understanding text Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif TAI (Team Asisted Individualization) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 054931 Batu Melenggang kecamatan Hinai T.A. 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yaitu dengan jumlah siswa sebanyak 39 orang. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya: pada siklus I diperoleh peningkatan nilai dari hasil tes yang diberikan kepada 14 orang siswa (35,89%) yang berhasil, dan rata-rata nilai sebesar 70,23 Pada siklus II diperoleh peningkatan nilai dari hasil tes yang diujikan kepada 39 orang siswa dimana 33 oarang siswa (92,30%) dinyatakan telah mampu dalam memberikan komentar ataupun pendaptnya dengan baik, dengan nilai rata-rata 80,12. Berdasarkan hasil temuan penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi memahami teks di kelas V SD Negeri 054931 Batu Melenggang kecamatan Hinai kabupaten Langkat T.A. 2015/2016. Kata kunci: team asisted individualization, mamahami teks