Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis

Main Author: Siregar, Siti Ogun; SD Negeri 050746 Babalan, kab. Langkat
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: SMART EDUCATION , 2017
Online Access: http://deacas.com/se/jurnal/index.php/JPE/article/view/40
http://deacas.com/se/jurnal/index.php/JPE/article/view/40/24
Daftar Isi:
  • Abstract: The purpose of this research is to improve student learning in STAD learning model in SD Negeri 050746 Babalan Kab.Langkat through clinical supervision. Subjects in school action research are teachers who teach Indonesian peneltiaian many as three teachers. The study was conducted school action role in three cycles. The study states that through clinical supervision can improve the ability of teachers in applying the model of STAD cooperative learning mode. It can be seen with increasing activism-cavity and learning outcomes of students whose learning is monitored with clinical supervision. Keyword: clinical supervision, STAD, Indonesian Abstrak: Tujuan peneliti ini adalah meningkatkan cara belajar siswa dalam model pembelajaran STAD di SD Negeri 050746 Babalan Kab.Langkat melalui supervisi klinis. Subjek dalam penelitian tindakan sekolah ini adalah guru yang mengajar peneltiaian bahasa Indonesia sebanyak 3 orang guru. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan dalan tiga siklus. Hasil penelitian menyatakan bahwa melalui supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapakan mode pembelajaran kooperatif model STAD. Hal ini dapat diketahui dengan meningkatnya akti-vitas dan hasil belajar siswa yang pembelajarannya dipantau dengan supervisi klinis. Kata kunci: supervisi klinis, STAD, bahasa Indonesia