Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn
Main Author: | Nuriyah, .; SD Negeri 054931 Batu Melenggang |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
SMART EDUCATION
, 2017
|
Online Access: |
http://deacas.com/se/jurnal/index.php/JPE/article/view/100 http://deacas.com/se/jurnal/index.php/JPE/article/view/100/68 |
Daftar Isi:
- Abstract: This study aims to determine the increase of student learning outcomes using cooperative learning model Jigsaw type on the subject of Civics in class IV SD Negeri 054931 Batu Melenggang Hinai subdistrict Langkat academic year 2015/2016. Subjects in this study are students of class IV that is with the number of students as many as 30 people. This research method is Classroom Action Research. To obtain the data in this study then performed the test of learning result in the form of questioning as much as 10 questions. After the data collected and analyzed the analysis results obtained: (1). In first cycle, of the 30 students who became the subject in this study, it turns out that only 21 students (70%) who already have mastery learning. The average value obtained only reached 72; (2) In second cycle, it turns out 26 students (86.67%) who already have learning mastery. The average value obtained only reached 78.23. Based on that it can be concluded that learning using Jigsaw type cooperative learning model on the subject of Civics in class IV SD Negeri 054931 Batu Melenggang Hinai district Langkat regency academic year 2015/2016. Keyword: jigsaw Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran PKn di Kelas IV SD Negeri 054931 Batu Melenggang kecamatan Hinai kabupaten Langkat T.A. 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yaitu dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk soal isian sebanyak 10 soal. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya: (1). Pada Siklus I, dari 30 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 21 orang siswa (70%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh hanya mencapai 72; (2) Pada Siklus II, Ternyata 26 orang siswa (86,67%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh hanya mencapai 78,23. Berdasarkan penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran PKn di Kelas IV SD Negeri 054931 Batu Melenggang kecamatan Hinai kabupaten Langkat tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: jigsaw