PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Main Authors: Wijaya, Ariska Juwita, Pujiastuti, Heni
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Bina Bangsa Meulaboh , 2020
Online Access: https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/520
https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/520/461
Daftar Isi:
  • Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pendekatan Open Ended terhadap kemampuan berpikir kritis matematik pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain Pretest-Posttest Nonequi valent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik claster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa untuk kelas eksperimen dan 20 orang siswauntukkelaskontol. pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data yang dikumpul dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan taraf kesalahan sebesar α = 0,05, diperoleh thitung> ttabel(1,917> 1,665), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tahun Pelajaran 2019/2020. Rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa setelah diberi perlakuan dikelas eksperimen sebesar 78 dan kelas kontrol 46. Kata-kata kunci:Pendekatan Open-Ended, Berpikir Kritis