ANALISIS KESALAHAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Main Authors: Kosasih, Fajar, Pujiastuti, Heni
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Bina Bangsa Meulaboh , 2020
Online Access: https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/516
https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/516/457
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan dari penelitian kualitatif deskriptif ini ialah untuk mendeskripsikan kesalahan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam menyelesaikan soal materi SPLDV. Data yang didapat bersumber dari siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang berjumlah 5 yang telah belajar materi SPLDV. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berupa jawaban dari soal preetest SPLDV yang berupa soal yang berjumlah 5 butir soal uraian. Jenis wawancara yang disini yang digunakan dalam penelitian ini ialah jenis wawancara terstruktur dan juga mengembangkan pertanyaan sesuai dengan jawaban responden. Dengan ini dapat diketahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesalahan responden dalam menyelesaikan soal cerita lalu akan dianalisis data tersebut kemudian dideskripsikan dengan menggunakan kata-kata lalu pada akhir akan ditarik kesimpulannya. Hasil penelitian dengan presentase kesalahan per nomor 1 ialah sebesar 5%, presentase kesalahan per nomor 2 ialah 20%, presentase kesalahan per nomor 3 ialah sebesar 20%, presentase kesalahan per nomor 4 ialah sebesar 30%, dan presentase kesalahan per nomor 5 ialah sebesar 55%. Hal-hal yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan ialah keterampilan dalam membaca atau keterampilan pemahaman siswa yang sangat terbatas, siswa belum terbiasa mengerjakan soal uraian, pengaturan waktu yang kurang baik dan siswa belum benar-benar paham mengenai materi SPLDV ini, dan siswa juga sangat lemah pemahaman konsepnya sehingga materi ini terasa sangat sulit untuk dikerjakan. Kata kunci: Analisis kesalahan siswa, Soal cerita matematika, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).