PERANAN BERTANYA SISWA DALAM MENINGKATKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR MATEMATIKA DI SD NEGERI PURWODADI KECAMATAN KUALA PESISIR KABUPATEN NAGAN RAYA

Main Author: Jamal, Fakhrul
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Bina Bangsa Meulaboh , 2018
Online Access: http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/50
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/50/48
Daftar Isi:
  • Matematika di Sekolah Dasar adalah untuk mempersiapkan siswa agar mampumenggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam menghadapi perubahan keadaandidalam kehidupan yang selalu berkembang melalui latihan bertindak dasar pemikiransecara logis, rasional, cermat, jujur, efektif dan efisien, serta dapat mengaplikasikanmatematika kedalam ilmu pengetahuan lainnya.Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui: bagaimana upaya meningkatkan Proses Belajar Mengajar Matematika DenganPeranan Bertanya di SD Negeri Purwodadi Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten NaganRaya. Metode penelitian adalah dengan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus.Adapun teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan tes. Sedangkan teknikpengolahan data, penulis menggunakan analisis deskriptif (persentase) sesuai dengankriteria keefektifan yang telah ditentukan. Dari hasil penelitian diperoleh informasi bahwaaktivitas siswa dalam peranan bertanya dalam pelajaran matematika berangsur-angsurmeningkat, bisa dilihat dari kekatifan siswa dalam bertanya, keaktifan bertanya siswa ketikadiberikan waktu oleh guru untuk bertanya, menunggu pertanyaan dari guru, bertanya ketikadiberikan soal latihan dan kemauan siswa dalam bertanya, aspek pengamatan ini berangsurangsurmeningkatdarisiklusIkesiklusII.Darihasiltessiswayangnaikdisetiapsiklusnya.Dari36,36%kualifikasinilaibaikpadasiklusInaikmenjadi54,54%disiklusII,kemudiandari 45,45 % kualifikasi nilai cukup baik di siklus I menurun menjadi 27,27 % di siklus II,kemudian kualifikasi nilai kurang dari 18,18 % menurun menjadi 9,09 %, dan disiklus IImuncul nilai sangat baik sebesar 9,09 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesisnyaterbukti benar bahwa peranan bertanya sangat efektif dalam meningkatkan proses belajarmengajar matematika di SD Negeri Purwodadi Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten NaganRaya.Kata Kunci : Peranan Bertanya, Matematika, Meningkatkan Proses Belajar