KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA PADA MATA KULIAH TEORI BILANGAN

Main Author: Fadiana, Mu’jizatin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Bina Bangsa Meulaboh , 2020
Online Access: http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/423
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/423/371
Daftar Isi:
  • Abstrak: Kemampuan berpikir logis merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan dalam mempelajari matematika. Mahasiswa calon guru matematika perlu untuk dikembangkan kemampuan berpikir logis, karena nantinya mereka akan menjadi guru matematika yang akan mengajarkan konsep matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan menggambarkan kemampuan berpikir logis mahasiswa calon guru matematika pad amata kuliah teori bilangan. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan berpikir logis adalah a) Menarik kesimpulan atau membuat perkiraan dan interpretasi berdasarkan proporsi yang sesuai, b) Menarik kesimpulan atau membuat perkiraan atau prediksi berdasarkan korelasi antara dua variabel, c) Menetapkan kombinasi beberapa variabel, d) Melakukan pembuktian, dan e). Menyusun analisa dan sintesa beberapa kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Ronggolawe Tuban Tahun Akademik 2019/2020, yang sedang menempuh mata kuliah teori bilangan. Instrumen pengumpulan data berupa tes. Tes dibuat dalam bentuk soal dengan jawaban berupa uraian yang mengacu pada indikator berpikir logis. Teknik analisis data menggunakan perhitungan statistika deskriptif. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil bahwa rata-rata kemampuan berpikir logis mahasiswa calon guru matematika secara keseluruhan sebesar 51,43 yang termasuk dalam kategori rendah.Kata-kata kunci: kemampuan berpikir logis, teori bilangan