MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIAAUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILANBERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS 5SEKOLAH DASAR

Main Authors: Utami, Meilia Tyas, Koeswati, Henny Dewi, Giarti, Sri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Bina Bangsa Meulaboh , 2019
Online Access: http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/309
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/309/264
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Subjek dalam penelitian ini adalah 29 siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data pada peneliltian ini meliputi observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penerapan berbantuan media audio visual dilakukan dalam 1 siklus dan siklus II yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Hasil penelitian pada siklus Isetelah diberikan tindakan pada siklus I dengan menggunakan media audio visual mengalami peningkatan berpikir kritis dengan nilai rata-rata kelas sebesar 19,20 dengan siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa atau 62%. Pada siklus II terjadinya peningkatan berpikir kritis dengan nilai rata-rata kelas sebesar 22,24 dengan siswa yang tuntas sebanyak 29 atau 100%. Hasil ini menunjukan bahwa adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan penerapan media audio visual, sehingga dapat disimpulkan bahwa media audio visual dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.