PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKASISWA SD KELAS 4 MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Main Authors: Puspitasari, Nurisa, Hardjono, Nyoto
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Bina Bangsa Meulaboh , 2019
Online Access: http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/302
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/302/257
Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SDN Kutowinangun 01 melalui Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart terdiri dari 2 siklus, siklus 1 dan 2. Peningkatan proses dibagi menjadi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian: (1) Kondisi prasiklus sebelum menggunakan PBL dilihat dari skor rata-rata aktivitas guru sebesar 2,27 dan 2,23 untuk skor rata-rata aktivitas siswa atau 39% pada prasiklus, jika dilihat dari ketuntasan belajar menunjukkan prasiklus sebesar 39% atau 12 siswa yang tuntas. (2) Dengan PBL dapat meningkatkan skor rata-rata proses belajar, dilihat dari skor rata-rata aktivitas guru siklus I sebesar 3,10 atau 77,5% dan 3,71 atau 92,8% pada siklus II. Sedangkan skor rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 2,73 atau 68,3% dan 3,6 atau 90% pada siklus II. (3) Peningkatan proses berdampak pada peningkatan hasil belajar, dilihat dari ketuntasan belajar prasiklus sebesar 39% atau 12 siswa, siklus I sebesar 61,3% atau 19 siswa dan siklus II meningkat menjadi 83,87% atau 26 siswa.