PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS VSDN SIDOREJO LOR V SALATIGA
Main Authors: | Vera, Monika, Mawardi, Mawardi, Astuti, Suhandi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP Bina Bangsa Meulaboh
, 2019
|
Online Access: |
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/299 http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/299/254 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar melalui model pembelajaranProblem Based Learning(PBL) pada kelas V SDN Sidorejo Lor 05 Salatiga. Jumlah subjek pada penelitian ini adalah 35 siswa kelas V SDN Sidorejo Lor 05 Salatiga. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini meliputi wawancara, observasi, mengajar dan dokumentasi. Penerapan model pembelajaran PBL dilakukan dalam siklus I dan siklus II yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil kreativitas pada penelitian pra siklus menunjukkan nilai rata-rata kelas V sebesar 76.0, setelah itu dilakukan tindakan siklus I untuk meningkatkan kreativitas dengan nilai rata-rata sebesar 71.4 dan dilakukan lagi penelitian pada siklus II untuk lebih meningkatkan kreativitas dengan nilai rata-rata sebesar 74.2. Hasil belajar pada penelitian pra siklus menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 53,7, setelah itu dilakukan lagi siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 71.4 dan dilakukan lagi siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 82.9. Hasil ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kreativitas dan hasil belajar pada kelas V dengan menggunakan model pembelajaran PBL. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas V.