IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP OPERASI HITUNG PECAHAN DI SMP NEGERI 1 SAWANG (Integrasi dengan Dasar-dasar Pendidikan MIPA)

Main Author: siraj, siraj
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Bina Bangsa Meulaboh , 2019
Online Access: http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/234
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/234/220
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam memahami konsep operasi hitung pecahan di SMP 1 Sawang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di kelas VII1 SMP Negeri 1 Sawang semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai tes dan wawancara. Tes essay untuk menganalisis jawaban siswa tentang kesulitan yang dihadapi. Wawancara digunakan untuk mengetahui penyebab kesulitan yang dialami siswa. Analisis data dihitung dengan menggunakan rumus persentase. Siswa yang mengalami kesulitan dilandasi dengan mendapat skor < 65% dari skor maksimum soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam dalam memahami konsep porasi hitung pecahan, yaitu dari 13 orang siswa yang diteliti memilki kesulitan menggunakan konsep 19,61% dan kesulitan menggunakan prinsip 20,85%. Pada umumnya siswa mengalami kesulitan menggunakan prinsip karena kurangnya pemahaman konsep dasar. Kesulitan yang paling banyak dialami oleh siswa adalah menyamakan dua penyebut yang berbeda serta menyelesaikannya, dan menyelesaikan soal dalam bentuk gambar. Kata Kunci: Kesulitan siswa, operasi hitung pecahan