EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOKTERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN MODEL MEULABOH – 1

Main Author: riyana, dian kristanti,
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP BINA BANGSA MEULABOH , 2016
Online Access: http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/205
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode pembelajaran discovery learning lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran ekspositori. Penelitian ini bermaksud untuk membandingkan proses dan hasil pembelajaran antara penerapan metode Discovery Learning dengan metode ekspositori. Discovery Learning merupakan metode atau cara pembelajaran dimana siswa memperoleh pengetahuan yang belum diketahuinya itu tidak melalui pemberitahuan, melainkan ditemukan sendiri sebagian atau seluruh pengetahuan tersebut. Guru mendorong siswa agar mempunyai pengalaman dan melakukan eksperimen dengan memungkinkan mereka menemukan prinsip-prinsip atau konsep-konsep bagi diri mereka sendiri. Sedangkan metode ekspositori merupakan metode atau cara pembelajaran dimana guru cenderung menampilkan materi baik dalam dua dimensi atau tiga dimensi disertai dengan pemberitahuan dan contoh sampai siswa mendapatkan pengetahuan. Penelitian ini dilakukan pada semua siswa pada dua kelas VIII di MTsN Model Meulaboh-1, yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 35 siswa dan kelas VIIIBsebagai kelas kontrolyang juga terdiri dari 35 siswa. Penelitian dilakukan selama sekitar 6 bulan, mulai Februari 2015 sampai dengan Agustus 2015, pada saat siswa mempelajari pokok bahasan kubus dan balok pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Efektivitas metode pembelajaran dilihat berdasarkan keterlaksanaan masing-masing metode yang diterapkan pada masing- masing kelas dan hasil belajar yang ditunjukkan melalui skor tes pada pretes dan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika efektif diterapkan pada pembelajaran matematika di kelas. Peneliti berharap penelitian serupa dapat dilakukan untuk melihat apakah metode pembelajaran yang tepat dan efektif bagi suatu kelas dengan karakteristik tertentu. Kata-kata kunci: efektivitas, discovery learning, hasil belajar, matematika.