DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP EKSPONEN BERBASIS TEORI APOS PADA SISWA SMA THERESIANA SALATIGA

Main Authors: Yuliana, Dewi, Ratu, Novisita
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Bina Bangsa Meulaboh , 2018
Online Access: http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/179
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/179/167
Daftar Isi:
  • Abstrak: Pemahaman konsep matematika adalah kemampuan menangkap makna atau arti suatu ide atau pengertian-pengertian pokok dalam matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep eksponen berbasis teori APOS pada siswa SMA Theresiana Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek 3 siswa yang diambil dari siswa SMA Theresiana Salatiga dengan kategori berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek berkemampuan tinngi memiliki pemahaman pada tahap aksi, proses, objek, dan skema. Subjek berkemampuan sedang memiliki pemahaman pada tahap aksi, objek, dan skema. Dan subjek berkemampuan rendah memiliki pemahaman pada tahap aksi. Ketiga subjek pada topik eksponen sama-sama memiliki pemahaman pada tahap aksi. Kata kunci: Pemahaman Konsep, Eksponen, APOS