PENGEMBANGAN ALPER ALJABAR UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SALATIGA
Main Authors: | Dewi, Aulia, Ratu, Novisita |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP Bina Bangsa Meulaboh
, 2018
|
Online Access: |
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/178 http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/178/166 |
Daftar Isi:
- Abstrak :Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga untuk siswa kelas VII SMP khususnya pada materi pengenalan bentuk aljabar serta operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah R & D (Research and Development). Model pengembangan pada penelitian ini adalah ADDIE (Analyyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas VII G SMP Negeri 3 Salatiga. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, pretest dan posttest, lembar pendapat siswa. Analisis data meliputi analisis hasil observasi, analisis validasi dan kepraktisan, analisis keefektifan yang dilihat dari hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ALPER aljabar matematika Valid karena ALPER aljabar matematika telah melalui tahap validasi dari 3 validator dan telah melalui revisi berdasarkan kritik dan saran validator yang meliputi aspek ALPER, tampilan, dan materi. Berdasarkan hasil validasi dari keseluruhan aspek diperoleh 80,73% yang termasuk dalam kategori baik. Efektif, dilihat berdasarkan pretest dan posttest yang dianalisis dan dihitung peningkatannya menggunakan N-Gain, hasilnya terdapat peningkatan sebesar 0,47 yang termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Praktis, berdasarkan hasil angket kepraktisan ALPER aljabar matematika yang diperoleh dari 28 orang siswa pengguna ALPER diperoleh presentasi 81,6% dan termasuk dalam kategori tinggi. Kata Kunci: pengembangan ALPER aljabar, ADDIE