Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing
Main Author: | Pasaribu, Endi Zunaedy |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP Bina Bangsa Meulaboh
, 2019
|
Online Access: |
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/177 http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/177/165 |
Daftar Isi:
- Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan komunikasi matematis siswa setelah menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing, serta untuk melihat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen.Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Padangsidimpuan yang berjumlah 350 siswa, dengan mengambil sampel dua kelas berjumlah 100 siswa melalui teknik random sampling. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa: (1) terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbinglebih tinggi daripada kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran langsung, (2) terdapatpeningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbinglebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran langsung, (3) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal siswa dan model pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa (4) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal siswa dan model pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan temuan penelitian akan model pembelajaran penemuan terbimbing dapat direkomendasikan menjadi salah satu model pembelajaran yang digunakan di sekolah utamanya untuk mencapai kompetensi kemampuan pemahaman matematis dan kemampuan komunikasi matematis. Kata Kunci : Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Pemahaman dan Komunikasi Matematis