PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 MEUREUBO KABUPATEN ACEH BARAT
Main Authors: | Hadi, Khairil; STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Susanti, Neka Virdama; STKIP Bina Bangsa Meulaboh |
---|---|
Format: | Article application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP BINA BANGSA MEULABOH
, 2017
|
Online Access: |
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/98 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap Hasil Belajar siswa pada Materi Pencernaan Manusia di kelas VIII SMP Negeri 2 Meureubo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Meureubo Kecamatan Meureubo. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A (kelas eksperimen) dan kelas VIII B (kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 20 0rang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes. Tes hasil belajar dilakukan dengan dua tahapan yaitu pre-test dan post-test. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t yang terlebih dulu dimulai dengan analisis uji normalitas, dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Instruction terhadap hasil belajar dibandingkan model konvensional dengan thitung sebesar 1,768 dan ttabel 0,4510. Kata kunci: Problem Based Instruction, Hasil Belajar, Sistem Pencernaan Manusia.