PENGEMBANGAN LKS BIOLOGI BERBASIS KONTEKSTUAL DILENGKAPI DENGAN MIND MAP PADA MATERI ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA UNTUK SISWA SMA

Main Author: Syamsu, Fetro Dola; STKIP Bina Bangsa Meulaboh
Format: Article application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP BINA BANGSA MEULABOH , 2017
Online Access: http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/96
Daftar Isi:
  • Abstrak - Tujuan penelitian ini adalah untuk pengembangan lembar kerja siswa berbasis kontekstual termasuk peta pikiran pada archaebacteria dan bahan Eubacteria untuk sekolah menengah atas serta untuk menentukan validitas dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengunakan 3 langkah dari model 4-D model, terdiri dari pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 validator, 2 guru dan 25 siswa dari sepuluh kelas di SMAN 1 Meulaboh. Data penelitian adalah data primer yang dikumpulkan dari kuesioner validasi dan kepraktisan kuesioner. Data tersebut dianalisis dengan analisis deskriptif. Worksheet dianggap sangat valid oleh validator dengan rata-rata skor 93,49%. Modul ini praktis dikategorikan oleh guru dengan rata-rata skor 87,20% dan sangat praktis dikategorikan oleh siswa dengan rata-rata skor 93,26%. Kata kunci : LKS, Kontekstual, Mind Map, Archaebacteria , Eubacteria