PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING MOODLE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DRILLS PADA MATERI BIOLOGI KELAS XI SMA NEGERI PEKANBARU TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Authors: Suryanti, .; Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau, Jl. Kaharudin Nasution No. 113, Kota Pekanbaru, Riau 28284, Ferazona, Sepita; Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau, Jl. Kaharudin Nasution No. 113, Kota Pekanbaru, Riau 28284
Format: Article application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP BINA BANGSA MEULABOH , 2016
Online Access: http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/86
ctrlnum article-86
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING MOODLE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DRILLS PADA MATERI BIOLOGI KELAS XI SMA NEGERI PEKANBARU TAHUN AJARAN 2015/2016</title><creator>Suryanti, .; Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau, Jl. Kaharudin Nasution No. 113, Kota Pekanbaru, Riau 28284</creator><creator>Ferazona, Sepita; Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau, Jl. Kaharudin Nasution No. 113, Kota Pekanbaru, Riau 28284</creator><description lang="en-US">Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran melalui E-Learning berbasis MOODLE (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) dengan menggunakan model Drills di kelas XI SMAN Pekanbaru Tahun Ajaran 2015/2016 yang merupakan penelitian Research and Development (R&amp;amp;D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Alat pengumpul data yang digunakan berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif dengan rerata. Penilaian media dilakukan oleh validator terdiri dari tiga ahli media, tiga ahli materi, dan peserta didik SMAN Pekanbaru. Pengambilan data dimulai pada tanggal 12 Oktober sampai 30 November 2016. Subjek penelitian adalah media pembelajaran online Sistem Gerak, Sistem Pencernaan, Sistem Respirasi, Sistem Ekskresi, Sistem Koordinasi, Sistem Reproduksi dan Sistem Imun. Hasil penelitian dari validator media menunjukkan bahwa Aspek Rekayasa Perangkat Lunak Kategori Sangat Tinggi (3,72), Aspek Komunikasi Audio Visual Kategori Tinggi (3,87). Untuk Validasi Materi untuk Kelayakan Isi Kategori Sangat Tinggi (3,88). Selanjutnya untuk Uji Kelayakan Siswa Ada Aspek Media Pembelajaran Sangat Tinggi (3,53), Aspek Materi Kategori Tinggi (3,73), Aspek Manfaat Kategori Sangat Tinggi (3,64). Dapat disimpulkan bahwa dari ketiga Validasi Media, Validasi Materi dan Uji Kelayakan semua dalam kategori sangat tinggi. &#xA0; Kata-kata kunci: E-Learning berbasis MOODLE, model Drills, Materi biologi.</description><publisher lang="en-US">STKIP BINA BANGSA MEULABOH</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2016-02-27</date><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/86</identifier><source lang="en-US">BIONATURAL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi; Vol 3, No 2 (2016)</source><language>eng</language><recordID>article-86</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author Suryanti, .; Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau, Jl. Kaharudin Nasution No. 113, Kota Pekanbaru, Riau 28284
Ferazona, Sepita; Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau, Jl. Kaharudin Nasution No. 113, Kota Pekanbaru, Riau 28284
title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING MOODLE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DRILLS PADA MATERI BIOLOGI KELAS XI SMA NEGERI PEKANBARU TAHUN AJARAN 2015/2016
publisher STKIP BINA BANGSA MEULABOH
publishDate 2016
url http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/86
contents Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran melalui E-Learning berbasis MOODLE (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) dengan menggunakan model Drills di kelas XI SMAN Pekanbaru Tahun Ajaran 2015/2016 yang merupakan penelitian Research and Development (R&amp;D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Alat pengumpul data yang digunakan berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif dengan rerata. Penilaian media dilakukan oleh validator terdiri dari tiga ahli media, tiga ahli materi, dan peserta didik SMAN Pekanbaru. Pengambilan data dimulai pada tanggal 12 Oktober sampai 30 November 2016. Subjek penelitian adalah media pembelajaran online Sistem Gerak, Sistem Pencernaan, Sistem Respirasi, Sistem Ekskresi, Sistem Koordinasi, Sistem Reproduksi dan Sistem Imun. Hasil penelitian dari validator media menunjukkan bahwa Aspek Rekayasa Perangkat Lunak Kategori Sangat Tinggi (3,72), Aspek Komunikasi Audio Visual Kategori Tinggi (3,87). Untuk Validasi Materi untuk Kelayakan Isi Kategori Sangat Tinggi (3,88). Selanjutnya untuk Uji Kelayakan Siswa Ada Aspek Media Pembelajaran Sangat Tinggi (3,53), Aspek Materi Kategori Tinggi (3,73), Aspek Manfaat Kategori Sangat Tinggi (3,64). Dapat disimpulkan bahwa dari ketiga Validasi Media, Validasi Materi dan Uji Kelayakan semua dalam kategori sangat tinggi. Kata-kata kunci: E-Learning berbasis MOODLE, model Drills, Materi biologi.
id IOS4328.article-86
institution STKIP BINA BANGSA MEULABOH
institution_id 1160
institution_type library:university
library
library PERPUSTAKAAN STKIP BINA BANGSA MEULABOH
library_id 1015
collection Bionatural
repository_id 4328
subject_area Education and Related Topics/Pendidikan, Penelitian dan Topik Terkait tentang Perpustakaan
Biology/Biologi, Ilmu Hayat
city MEULABOH
province ACEH
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4328
first_indexed 2017-06-15T09:03:10Z
last_indexed 2017-06-15T09:03:10Z
recordtype dc
_version_ 1686112518945112064
score 17.538404