PENERAPAN ASESMEN FORMATIF UNTUK MENINGKATAN SELF REGULATION DAN PENGUASAAN KONSEP PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI

Main Author: Kartikawati, Eka; FKIP UHAMKA, Jl. Tanah Merdeka, Kp. Rambutan, Pasar Rebo, Jakarta Timur 13830
Format: Article application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP BINA BANGSA MEULABOH , 2016
Online Access: http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/83
ctrlnum article-83
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PENERAPAN ASESMEN FORMATIF UNTUK MENINGKATAN SELF REGULATION DAN PENGUASAAN KONSEP PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI</title><creator>Kartikawati, Eka; FKIP UHAMKA, Jl. Tanah Merdeka, Kp. Rambutan, Pasar Rebo, Jakarta Timur 13830</creator><description lang="en-US">Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan asesmen formatif dalam meningkatkan self regulation dan penguasaan konsep mahasiswa pendidikan biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah weak experiment dengan desain penelitian one-group pretest-postest yang dilakukan di Jurusan pendidikan Biologi FKIP UHAMKA Jakarta pada mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup pada semester genap 2012/2013 sejumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari angket Self Regulation awal dan akhir, pretest dan postest penguasaan konsep serta angket respon mahasiswa, task dan rubric presentasi perkuliahan, lembar observasi presentasi kelompok, learning Journal, angket mahasiswa setelah mengikuti proses pembelajaran pada mata kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup serta catatan lapangan. Data dianalisis menggunakan indeks Gain untuk mengetahui peningkatan self regulation dan penguasaan konsep, uji-t untuk serta uji regresi untuk melihat konrtibusinya. Pembahasan difokuskan pada peningkatan self regulation dan penguasaan konsep, kontribusi asesmen formatif terhadap self regulation dan respon mahasiswa terhadap penerapannya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan asesmen formatif dalam pembelajaran dapat meningkatkan self regulation. Asesmen formatif menunjukkan kontribusi umpan balik (31,2%), self assessment (15,1%) dan peer assessment (14%). Asesmen formatif berpengaruh terhadap kategori self regulation (25,8%). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan asesmen formatif pada mata kuliah pendidikan lingkungan hidup mendapat respon positif dari mahasiswa serta dapat meningkatkan kemampuan self regulation di atas nilai standar 0,58 (N-gain sedang). Penerapan asesmen formatif terhadap peningkatan penguasaan konsep tidak berkorelasi signifikan, tetapi penerapan asesmen formatif tetap memiliki kontribusi terhadap peningkatan penguasaan konsep walaupun cenderung kecil dan dapat diabaikan. Penerapan asesmen formatif mendapat respon positif dari mahasiswa Kata-kata kunci: asesmen formatif, self regulation, penguasaan konsep</description><publisher lang="en-US">STKIP BINA BANGSA MEULABOH</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2016-02-27</date><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/83</identifier><source lang="en-US">BIONATURAL : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi; Vol 3, No 2 (2016)</source><language>eng</language><recordID>article-83</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author Kartikawati, Eka; FKIP UHAMKA, Jl. Tanah Merdeka, Kp. Rambutan, Pasar Rebo, Jakarta Timur 13830
title PENERAPAN ASESMEN FORMATIF UNTUK MENINGKATAN SELF REGULATION DAN PENGUASAAN KONSEP PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI
publisher STKIP BINA BANGSA MEULABOH
publishDate 2016
url http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/83
contents Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan asesmen formatif dalam meningkatkan self regulation dan penguasaan konsep mahasiswa pendidikan biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah weak experiment dengan desain penelitian one-group pretest-postest yang dilakukan di Jurusan pendidikan Biologi FKIP UHAMKA Jakarta pada mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup pada semester genap 2012/2013 sejumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari angket Self Regulation awal dan akhir, pretest dan postest penguasaan konsep serta angket respon mahasiswa, task dan rubric presentasi perkuliahan, lembar observasi presentasi kelompok, learning Journal, angket mahasiswa setelah mengikuti proses pembelajaran pada mata kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup serta catatan lapangan. Data dianalisis menggunakan indeks Gain untuk mengetahui peningkatan self regulation dan penguasaan konsep, uji-t untuk serta uji regresi untuk melihat konrtibusinya. Pembahasan difokuskan pada peningkatan self regulation dan penguasaan konsep, kontribusi asesmen formatif terhadap self regulation dan respon mahasiswa terhadap penerapannya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan asesmen formatif dalam pembelajaran dapat meningkatkan self regulation. Asesmen formatif menunjukkan kontribusi umpan balik (31,2%), self assessment (15,1%) dan peer assessment (14%). Asesmen formatif berpengaruh terhadap kategori self regulation (25,8%). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan asesmen formatif pada mata kuliah pendidikan lingkungan hidup mendapat respon positif dari mahasiswa serta dapat meningkatkan kemampuan self regulation di atas nilai standar 0,58 (N-gain sedang). Penerapan asesmen formatif terhadap peningkatan penguasaan konsep tidak berkorelasi signifikan, tetapi penerapan asesmen formatif tetap memiliki kontribusi terhadap peningkatan penguasaan konsep walaupun cenderung kecil dan dapat diabaikan. Penerapan asesmen formatif mendapat respon positif dari mahasiswa Kata-kata kunci: asesmen formatif, self regulation, penguasaan konsep
id IOS4328.article-83
institution STKIP BINA BANGSA MEULABOH
institution_id 1160
institution_type library:university
library
library PERPUSTAKAAN STKIP BINA BANGSA MEULABOH
library_id 1015
collection Bionatural
repository_id 4328
subject_area Education and Related Topics/Pendidikan, Penelitian dan Topik Terkait tentang Perpustakaan
Biology/Biologi, Ilmu Hayat
city MEULABOH
province ACEH
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4328
first_indexed 2017-06-15T09:03:10Z
last_indexed 2017-06-15T09:03:10Z
recordtype dc
_version_ 1686112518935674880
score 17.538404