MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Main Authors: Syamsu, Fetro Dola, Hadi, Khairil, Razab, Abdul
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP BINA BANGSA MEULABOH , 2020
Online Access: https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/522
https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/522/463
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan berbasis saintifik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran materi keanekaragaman hayati kelas X SAINS II MAN 2 Aceh Barat. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Aceh Barat. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X SAINS II sebanyak 22 orang. Teknik pengumpulan data dengan cara tes (pretest dan post test) dan lembar observasi aktivitas belajar siswa dan guru. Hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas X SAINS II MAN 2 Aceh Barat meningkat dengan penerapan pendekatan Berbasis Saintifik. Hal ini dapat dilihat dari hasil siklus I siswa yang memperoleh nilai ketuntasan sebanyak 45,45% atau 10 orang. Sedangkan pada siklus II siswa yang memperoleh nilai ketuntasan sebanyak 90,90 atau 20 orang siswa.Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Keanekaragaman Hayati, Hasil Belajar Siswa, Penelitian PTK.