UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PELAJARAN IPA MATERI GERAK PADA MAKHLUK HIDUP DAN BENDA DI KELAS VIII-3 SMP NEGERI 2 KAWAY XVI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Main Author: | Umar, Said |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
, 2020
|
Online Access: |
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/441 http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/441/389 |
Daftar Isi:
- Abstrak : Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pelajaran IPA materi gerak pada makhluk hidup dan benda di kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Kaway XVI semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah prestasi belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pelajaran IPA materi gerak pada makhluk hidup dan benda di kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Kaway XVI semester 1 tahun pelajaran 2019/2020?”. Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: Untuk mengetahui bagaimanakah prestasi belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pelajaran IPA materi gerak pada makhluk hidup dan benda di kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Kaway XVI semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 3 putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Kaway XVI Semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus1sampai siklus 2 yaitu, pra siklus (12,90%), siklus1 (64,51%) dan Siklus 2 (93,54%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada pelajaran IPA materi gerak pada makhluk hidup dan benda di kelas VIII-3 SMP Negeri 2 Kaway XVI semester 1 pada pelajaran IPA materi gerak pada makhluk hidup dan benda, serta penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat dijadikan sebagai salah satu alternative model pembelajaran IPA tingkat sekolah menengah pertama (SMP).Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, Materi gerak pada makhluk hidup dan benda, Pelajaran IPA.