UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA PELAJARAN IPA MATERI OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 KAWAY XVI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Main Author: | Nursian, Nursian |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
, 2020
|
Online Access: |
http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/440 http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/440/388 |
Daftar Isi:
- Abstrak : Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat ketuntasan belajar siswa setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran numbered head together pada pelajaran IPA materi objek IPA dan pengamatannya siswa kelasVII SMP Negeri 3 Kaway XVI tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: Untuk mengetahui bagaimanakah tingkat ketuntasan belajar siswa setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran numbered head together pada pelajaran IPA objek IPA dan pengamatannya siswa kelasVII SMP Negeri 3 Kaway XVI semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 3 putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan kegiatan, pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kaway XVI semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I sampai siklus II yaitu, pra siklus (12,50%) siklus I (62,50%) dan siklus II (91,66%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi penerapan model pembelajaran numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kaway XVI semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 pada pelajaran IPA materi objek IPA dan pengamatannya, serta penggunaan strategi model pembelajaran numbered head together dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran IPA tingkat SMP.Kata Kunci : Model Pembelajaran Numbered Head Together, Materi Objek IPA Dan Pengamatannya, Pelajaran IPA